4 Tips Agar Nggak Mudah Lemes Saat Puasa

0 47

sekilas viral–  4 Tips sederhana Agar Nggak Mudah Lemes Saat Puasa, puasa merupakan salah satu dari rukun islam, sehingga menjadikannya sebagai ibadah wajib bagi umat muslim di seluruh antero bumi yang udah baligh/dewasa, tak terkecuali, anak-anak pun ikut berpuasa meskipun belum wajib hukumnya.

Ibadah yang identik dengan santap sahur tersebut menjadi rutinitas tahunan umat muslim dunia. Banyak orang beranggapan bahwa bulan puasa/bulan ramdhan merupakan bulan suci, bulan penuh berkah, bulan penuh ampunan, bulan penuh rahmat, jadi nggak heran kalau animo masyarakat muslim dunia dalam menyambut bulan suci tersebut sangat-sangatlah istimewa. Berjuta masyarakat dunia berlomba-lomba berbuat kebaikan dalam bulan penuh berkah ini.

Puasa sendiri merupakan proses menahan diri dari segala sesuatu yang dapet ngebatalin puasa, contohnya sederhananya yaitu makan maupun minum, ibadah puasa ini dimulai dari terbitnya fajar dan berakhir saat terbenamnya matahari. Dalam rentang waktu tersebut, KIta bakal ngalamin berbagai cobaan, baik cobaan warung berhordeng,hehehe, maupun cobaan kondisi tubuh menjadi lemas, kurang gairah, dan males ngapa-ngapain dan bawaannya pengen tidur mulu. Untuk menyiasati cobaan tersebut, kecuali cobaan warung berhordeng, ada tips nih untuk mengatasi permasalahan umum yang seringkali terjadi ketika sedang berpuasa, dan berikut ini adalah tips Biar Nggak Mudah Lemes Saat Puasa.

4 Tips Biar Nggak Mudah Lemes Saat Puasa

1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

https://id.wikipedia.org/wiki/Dehidrasi
Memperbanyak konsumsi buah dan sayur sangat bermanfaat bagi tubuh, apalagi saat berpuasa, karena buah dan sayur memiliki kandungan yang cukup kompleks bagi tubuh, mulai dari kandungan serat, mineral, vitamin, dan kandungan gula alami. Nutrisi yang terkandung dalam buah maupun sayur ini memberikan kita energi tambahan saat berpuasa, jadi tubuh kita senantiasa prima sampai waktu berbuka tiba.

2. Atur Pola dan Perbanyak Minum
Menambah jatah air putih bertujuan untuk mengurangi tingkat dehidrasi tubuh kita yang pasti terjadi saat berpuasa. Namun pastikan minumlah air dengan tepat, jangan terlalu banyak dan berlebihan, agar nggak terjadi perut kembung. Usahakan minum air dengan dua saat berbuka, dua saat makan berat, dua sebelum tidur dan dua gelas saat sedang santap sahur. Pola minum yang teratur membuat tubuh kita terhidrasi dengan lebih baik ketimbang minum air banyak seketika.

Related Posts

baca juga: Jadwal Imsakiyah Tahun 2018 dan Puasa Ramadhan 1439 H Untuk Daerah Surabaya dan Sekitarnya

3. Kurangi Menyantap Makanan Pedas dan Asin

https://id.wikipedia.org/wiki/Dehidrasi
Bagi sebagian orang, menyantap makanan yang pedes merupakan kenikmatan tersendiri, namun menyantap makanan pedes saat berpuasa nggak direkomendasikan loo, karena makanan jenis ini mahir banget nyerap cairan dalam tubuh, sehingga tubuh akan berpotensi dehidrasi, makanan yang memiliki kadar garam yang berlebih juga kudu dihindari, karena bersifat nguras cairan juga. Perhatikan kedua jenis makanan tersebut, konsumsi secukupnya aja, jangan berlebihan.

4.Tetep Olahraga

https://id.wikipedia.org/wiki/Dehidrasi
Puasa bukan alesan untuk berhenti berolahraga, berolahraga bakal ngebuat tubuh kita tetap bugar, namun yang kudu diperhatikan, olahraga saat berpuasa seharusnya memilih olahraga yang ringan, baik tenaga yang dibutuhin maupun intensitas waktunya juga. contoh olahraga ringan yang paling umum yakni jogging. Anda bisa melakukan olahraga ringan satu jam sebelum berbuka puasa selama 15-20 menit, karena terlalu lama saat berolahraga berakibat tubuh kita bakal dehidrasi.

Itulah 4 tips mudah untuk ngebantu  kamu saat sedang berpuasa, semoga tips ini bermanfaat dan semoga semuanya lancar ibadah puasanya.

Tips Agar Nggak Mudah Lemes Saat Puasa

Leave A Reply

Your email address will not be published.