Menu

4 Tips Menjaga Keselamatan Kerja

berbagai tricks 4 Tips Menjaga Keselamatan Kerja– Bekerja merupakan sebuah salah satu bentuk usaha yang harus dilakuin demi ngedapetin uang, dengan bekerja kita bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, baik kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder. Selain untuk ngedapetin uang, bekerja juga merupakan ibadah loh. Jadi dengan bekerja, anda ngedapetin manfaat yang dobel, hehe.

Pernahkah anda berpikir gimana amburadulnya kehidupan anda tanpa bekerja. Yah meskipun tanpa bekerja, anda masih bisa hidup sih, namun apa iya, anda bisa nyukupin kebutuhan hidup tanpa bekerja? rasanya sih bullshit. Terkait dengan hal pekerjaan, kali ini gua akan berbagi tips untuk menjaga keselamatan kerja anda, karena di luaran sana seringkali kita menjumpai banyak pekerja yang lalai dan seoalah cuek dengan keselamatan dirinya saat bekerja, padahal keselamatan saat kerja ini penting banget lo untuk ngindarin hal-hal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

berikut 5 Tips Menjaga Keselamatan Kerja Untuk Anda

1. Berdoa

https://id.wikipedia.org/wiki/Konsentrasi
Sebelum ngelakuin apa aja, seharusnya dibiasakan dengan berdoa, termasuk sebelum bekerja. Berdoa sebelum bekerja memberikan manfaat ketenangan pada diri anda dan yang pasti ngebuat hasil kerja kita menjadi barokah. Sesulit apapun, seberat apapun pekerjaan anda, jika diawali dengan berdoa mudah-mudahan akan terasa ringan.

2. Taati aturan safety first
https://id.wikipedia.org/wiki/Konsentrasi

Semua pekerjaan emang memiliki resiko masing-masing, untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan saat bekerja munculah ide/aturan safety first. Safety first sendiri merupakan aturan yang lebih mengutamakan keselamatan, dan berlaku hampir kepada semua hal, termasuk dalam hal pekerjaan. Sekarang ini udah banyak banget perusahaan yang ngadopsi aturan tersebut, hal itu dilakukan untuk kenyamanan dan keamanan para pekerja, serta merupakan salah satu upaya untuk menekan angka kecelakaan saat bekerja. Namun, pada kenyataannya, meskipun udah diterapkan safety first ternyata banyak pekerja yang memandang sebelah mata, banyak para pekerja yang nggak ngikutan aturan tersebut dengan segala alasannya masing-masing dan sebenarnya itu merugikan. Pekerja yang smart pastilah pekerja yang lebih mentingin keselamatan kerja dulu, karena ketika anda terproteksi, dijamin kerjaan anda bakal maksimal. Jangan ragu untuk Safety First.

baca juga: Tips Dasar Menolong Korban Kecelakaan Yang Benar

3. Jagalah Kebersihan

https://id.wikipedia.org/wiki/Konsentrasi
Menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman, selain itu juga, menjaga kebersihan area pekerjaan ternyata mampu memberikan keamanan, kenyamanan dan efek menyehatkan, di samping itu, merapikan tempat kerja juga diperlukan, ini bertujuan untuk mengurangi resiko kecelakaan saat bekerja, peralatan yang tercecer dan terkesan nggak rapi seringkali menjadi penyebab kenapa sampai terjadi kecelakaan, meskipun terlihat sebagai sesuatu yang sepele. Selain itu juga, nggak banyak orang yang tau bahwa area kerja yang bersih dan rapi mampu meningkatkan tingkat produktivitas saat bekerja Jadi, selalu jagalah kebersihan area kerja anda agar anda selamat saat bekerja.

4. Ingatkan Kalau Ada Bahaya

https://id.wikipedia.org/wiki/Konsentrasi
Saat sedang bekerja, terkadang tingkat konsentrasi kita menurun. Saat konsentrasi anda turun otomatis kerjaan anda menjadi nggak fokus dan nggak maksimal. Nah, ini yang mesti dihindari, karena nggak fokus dalam bekerja pun berpotensi ngakibatin kecelakaan. Untuk ngurangin hal itu, anda dan teman kerja anda bisa saling ngingetin dan memberi tau kepada pekerja lainnya kalau ada bahaya, agar nggak terjadi kecelakaan dalam bekerja. Berbagi informasi merupakan sesuatu yang baik dan harus di lakukan sesering mungkin, nggak perlu peduli, informasi tersebut diterima atau nggak, yang penting teruslah berbagi informasi.

Cukup sekian tips yang bisa gue bagi, semoga berguna dan semakin berkurang angka kecelakaan yang seringkali menghantui dan terjadi dalam suatu pekerjaan.

Tips Menjaga Keselamatan Kerja

Share This Post
Kategori:
Berbagai Tricks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *