5 Tips Hemat Mudik Lebaran 2018

0 54

sekilas viral5 Tips Hemat Mudik Lebaran 2018, mudik adalah momen yang paling ditunggu-tunggu setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa. Nggak heran memang kalau tradisi tahunan tersebut seolah udah menjadi satu kewajiban yang nggak bisa dianggep enteng gitu aja. Gimana enggak, segala cara bakal ditempuh agar bisa  mewujudkan impian berkumpul dengan keluarga besar, sanak saudara, dan berkunjung ke para tetangga untuk bermaaf-maafan maupun untuk bernostalgia dengan suasana kampung halaman tercinta.

Pulang kampung tentunya ngebutuhin berbagai persiapan, baik persiapan secara fisik maupun persiapan yang lainnya. Dan itu pun bertujuan, agar nanti pas mudik bisa berjalan dalam kondisi yang nyaman, lancar dan aman sampai tiba di tempat tujuan. Nah, untuk anda yang sedang berencana mudik lebaran di tahun ini dengan biaya yang nggak begitu nguras isi dompet anda, simak nih tipsnya.

Berikut Tips Hemat Lebaran 2018

1. Tentukan Jadwalnya

http://ngetricks.com/wp-content/uploads/2018/05/ilustrasi-tanggal-merah-libur_20161210_185429.jpg
Jauh-jauh hari sebelum anda mudik, tentukanlah waktu yang tepat sebagai hari mudik anda. Menentukan waktu yang tepat merupakan salah satu kunci utama yang memiliki kegunaan yakni menghindarkan anda dari jebakan kemacetan yang sering banget terjadi pada saat arus mudik berlangsung. Saat anda terjebak macet pastinya pengeluaran anda bakal bertambah besar bukan, dan secara otomatis bukan malah hemat tapi menjadi makin boros.

2. Tentukanlah Mode Transportasi Anda

http://ngetricks.com/wp-content/uploads/2018/05/0842265image1780x390.jpg
Jikalau anda menggunakan kendaraan pribadi sebagai mode transportasi mudik lebaran seperti mobil atau motor, pastikanlah untuk memeriksa kondisi kendaraan anda sebelum berangkat. Lakukanlah check up semua bagian kendaraan anda tanpa ada satu pun yang terlewat. Kalau kendaraan anda enggak dalam kondisi yang prima, segera bawalah kendaraan anda ke bengkel untuk dilakukan servis. Kendaraan yang prima akan ngebuat mudik anda semakin aman dan nyaman, selain itu juga perhatikanlah kapasitas mobil anda, jangan sampai anda membawa barang bawaan yang melebihi kapasitas karena itu justru akan membahayakan keselamatan anda saat di perjalanan nantinya. Setelah segala persiapan kendaraan anda usai, selanjutnya anda kudu memilih dan nentuin rute mana aja yang bakal dilalui. Bagi anda yang nggak hafal jalan pulang, anda bisa ngebuat peta sederhana sebagai pedoman sebelum anda bersiap melakukan perjalanan, anda juga bisa memakai maps digital yang telah tersedia dalam bentuk aplikasi pada ponsel anda masing-masing sebagai penunjuk jalan. Dengan demikian, resiko anda nyasar saat akan berkurang. Mencatat nomor-nomor penting tertentu di sepanjang rute yang bakal andalewati juga diperlukan, seperti nomor telepon kantor polisi, nomor telepon rumah sakit. nomor telepon layanan , dan lain sebagainya. Nomor yang telah anda catat akan berguna sewaktu-waktu saat anda sedang mengalami gangguan saat di jalananan.

Sementara untuk anda yang berencana mudik dengan menggunakan mode transportasi umum seperti bus dan kereta, usahakanlah memesan/membeli tiket jauh-jauh hari sebelum hari lebaran, cara ini pastinya lebih efisien ketimbang membeli tiket pada saat menjelang hari lebaran. Ketika hari lebaran semakin dekat, biasanya akan terjadi antrian panjang yang pasti sangat melelahkan, belum lagi kenaikan harga tiket yang kemungkinan terjadi karena stock tiket yang terbatas jumlahnya. Saat naik
transportasi umum, jagalah selalu barang bawaan anda, karena sangat rentan terhadap pencurian dan bisa aja anda menjadi korbannya.

baca juga: Tips Dasar Menolong Korban Kecelakaan Yang Benar Biar Nggak Makin Parah

3. Buatlah Manajemen Anggaran

http://ngetricks.com/wp-content/uploads/2018/05/Pengertian-uang-sejarah-fungsi-syarat-jenis-dan-teorinya.jpg
Untuk anda yang ingin mudik dengan hemat tentunya segala bentuk pengeluaran dana haruslah diatur. Misalnya anggaran untuk bahan bakar kedaraan berapa, makan, minum berapa, untuk keperluan lain-lain berapa. Pengaturan ini bertujuan untuk mengurangi resiko pembengkakan biaya yang bisa aja terjadi saat anda sedang dalam perjalanan. Tanpa ada regulasi yang jelas dan kehendak yang kuat tampaknya mustahil kalau mudik anda bakal berjalan dengan biaya yang murah.

4. Buatlah List Kebutuhan Lebaran

http://ngetricks.com/wp-content/uploads/2018/05/images.jpg
Setelah anda berhasil menjalankan regulasi pengeluaran anggaran, langkah selanjutnya adalah membuat list/daftar alokasi anggaran yang anda butuhkan, misalnya anggaran kebutuhan lebaran. Namun sebelum anda mengalokasikan berapa jumlah dana untuk anggaran kebutuhan lebaran anda, anda kudu tahu dulu kebutuhan lebaran anda itu apa aja, dan saya yakin bahwa banyak banget kebutuhan. Cobalah ngebuat daftar/list sesederhana mungkin, misalnya urutan teratas kebutuhan untukbeli baju lebaran, kedua beli kue atau oleh-oleh untuk keluarga, ketiga untuk kasih angpao, dan seterusnya. Usahakanlah ngebuat daftar kebutuhan lebaran anda hanya terdiri dari kebutuhan yng dirasa penting aja. Daftar yang telah anda buat akan sangat berguna untuk menentukan berapa banyak rupiah yang anda alokasikan untuk kenutuhan anda saat lebaran di kampung halaman nantinya serta bermanfaat mengurangi pengeluaran yang bersifat dobel.

4. Isirahat Dengan Cukup

http://ngetricks.com/wp-content/uploads/2018/05/posko-mudik-laweyan.jpg

Nggak bisa dipungkiri, ketika anda berada dalam perjalanan menuju kampung halaman, maupun perjalanan yang lainya, kondisi tubuh anda bakal ngerasain capek, letih dan mengantuk shingga bisa nyebabin kondisi anda ngedrop. Biar kondisi tubuh anda tetap terjaga dan prima, sempatkanlah untuk beristirahat sejenak. Untuk anda yang memakai kendaraan pribadi, anda bisa beristirahat di rest area atau pos istirahat yang tentunya banyak didirikan di sepanjang jalur yang anda lalui, manfaatkanlah rest area tersebut dengan maksimal, selain bebas biaya alias gratis, rest area tersebut juga memiliki tingkat kenyamanannya yang baik. Sementara untuk anda yang menggunakan transportasi umum, biasakanlah berdiri sejenak dari duduk anda agar tubuh anda nggak terasa kaku dan terjauh dari penyakit wasir, selain itu perbanyaklah mengkonsumsi air putih agar anda tetap terhidrasi dengan baik.

Demikianlah tips yang bisa saya bagi untuk anda semua, semoga mudik anda di tahun ini berjalan dengan selamat dan hemat pastinya.

Tips Hemat Mudik Lebaran 2018

Leave A Reply

Your email address will not be published.