5 Tips Mencegah Dan Menghadapi Kebakaran Di rumahmu

0 8

Berbagai tricks5 Tips Mencegah Dan Menghadapi Kebakaran Di rumahmu– Kali ini gw akan berbagi dikit tentang gimana sih mencegah dan menghadapi suatu kebakaran, khusunya kebakaran yang terjadi di rumahmu, mengingat bahwasanya pada musim kemarau, rasio kejadian kebakaran menjadi tinggi. Namun, sebelum gw ngebagi tips-tipsnya, simak dulu dikit intermezzo berikut.

Api merupakan salah satu bagian yang penting dan sangat dibutuhin bagi umat manusia, seolah-olah keduanya ini nggak dapat dipisahkan. Unsur yang identik dengan warna merah ini mempunyai banyak banget manfaat dan senantiasa membantu kehidupan manusia, dan contoh yang paling sederhana yakni untuk memasak. Tetapi diantara banyaknya kegunaan dan manfaat dari si Jago Merah ini, ada kekhawatiran yang timbul dari manusia, sebab akhir-akhir ini api sering banget menjadi dalang utama yang menyebabkan kerugian, baik korban materi maupun korban jiwa dalam suatu peristiwa kebakaran, yaaahh meskipun dengan penyebab yang berbeda-beda pula sih. Kebakaran pada umumnya bisa disebabkan oleh konsleting listrik, kebocoran tabung gas, musim kemarau, human error dan beberapa faktor lainnya.

Api sendiri merupakan unsur campuran antara cahaya dan panas yang muncul akibat dari reaksi pembakaran kimia, oleh sebab itu nggak heran kalau api bakal melahap apapun yang berada pada jangkauannya, lalu untuk Meminimalisir dampak yang disebabkan kebakaran ini, apa yang musti kita lakuin? jawabnya adalah sebagai berikut!!

Tips Mencegah Dan Menghadapi Kebakaran Di rumahmu

1. Sediakan Media Pemadam Api

http://ngetricks.com/wp-content/uploads/2018/05/Alat-Pemadam-Api-Ringan-List-1024x631.jpg
Menyediakan media pemadam api di rumahmu adalah langkah cerdik dan bersifat wajib sebenarnya, karena dengan adanya media tersebut, kita bisa mengantisipasi dan melakukan tindakan awal yang cepat apabila terjadi kebakaran di rumahmu. Menyediakan media tersebut terbukti efektif untuk meminimalisir jumlah kerugian yang disebabkan oleh kebakaran. Media pemadam api di luaran sana banyak sekali yang bisa digunain untuk memadamkan api, contohnya handuk, karung, air dan Apar dijual bebas. Pastikan media tersebut mudah sekali di jangkau oleh kamu.

2. Jangan Panik
Saat terjadi kebakaran, usahakanlah agar nggak panik. Ketika kita panik, otomatis kita nggak bakalan mampu berpikir dengan jernih, kita nggak bisa ngambil keputusan yang tepat, apakah kita mau lari ataukah kita berusaha untuk menjinakkan api. Jangan Panik ini merupakan kunci utama dalam menghadapi bencana kebakaran yang misalnya terjadi di rumahmu. Jangan sampai kamu salah ngambil keputusan yang malah memperburuk keadaan.

baca juga: 7 Tips Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gunung Meletus

3. Menjinakkan Api Saat Masih Kecil
Sebelum api menyebar dan menjadi besar, cobalah untuk menjinakkan api tersebut, ketika api masih kecil, menjinakkan api sebenernya bukanlah hal susah. Kita bisa nggunain media berupa handuk/karung goni yang dibasahi air contohnya, saat nggunain media ini, pastikan untuk memadamkan api dengan arah berlawanan dengan angin. Penggunaan pasir juga sangat membantu dalam hal pemadaman api, namun media pasir nggak seefektif karung goni. Apabila api sedikit besar, gunakanlah apar sampai api benar-benar padam, menutup ruangan saat terjadi kebakaran juga sangat disarankan, hal tersebut berfungsi untuk mencegah dan menghambat api tersebut menjalar ke ruangan lainnya, karena api ngebutuhin oksigen untuk berkembang. Saat api tersebut terisolasi dalam satu ruangan, kita masih memiliki waktu untuk mencoba memadamkannya.

4. Minta Bantuan Dan Keluarlah Dengan Teliti
Apabila terjadi kebakaran dan memang api gak bisa dipadamkan sendirian, segeralah keluar rumah dengan hati-hati dan teliti lalu carilah bantuan di sekitarmu. Bantuan yang datang akan sangat membantumu, baik membantu proses pemadaman maupun evakuasi barang yang dirasa penting. Kalau hendak keluar, kamu terjebak oleh asap, keluarlah dengan cara membungkuk/merayap, dan tutuplah mulutmu dengan kain basah, ini bertujuan agar saat keluar, kamu ngedapetin oksigen yang cukup untuk bernapas.

5. Hubungi Pemadam Kebakaran

http://ngetricks.com/wp-content/uploads/2018/05/97damkar-779469.jpg
menghubungi Pemadam Kebakaran adalah cara terakhir yang bisa kamu lakuin, mengingat api yang memang sudah besar dan nggak bisa dikendalikan lagi. Hubungilah pemadam secepatnya agar api yang berkobar dengan cepat dipadamkan, sehingga nantinya nggak menjalar ke rumah yang tetanggamu dan secara otomatis kerugian yang ditimbulkan agak berkurang dari semestinya.

Demikianlah sedikit tips mengenai penaggulangan kebakaran, semoga memberikan manfaat yang baik bagi semua.

Mencegah Dan Menghadapi Kebakaran Di rumahmu

Leave A Reply

Your email address will not be published.