Loading...

5 Tips Pendaki Wanita Agar Tidak Terlihat Manja Ketika Di Perjalanan

0 50

adventure 5 Tips Pendaki Wanita Agar Tidak Terlihat Manja Ketika Di Perjalanan, mendaki gunung merupakan salah satu olahraga yang bisa dibilang cukup memacu adrenalin, menguras banyak tenaga serta membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi. Namun hal itu semua ternyata nggak mampu menghentikan minat para wanita untuk mencicipi kegiatan outdoor tersebut. Semakin ke sini, banyak kita temui para pendaki wanita hampir di semua gunung, mereka pun tampak gagah sama seperti para pendaki pria pada umumnya. Padahal kita pun tau kalau wanita identik dengan sifat yang kalem dan manja. Selain itu juga, mendaki gunung itu banyak banget rintangannya seperti track yang berat dan keterbatasan oksigen yang siap mengganggu napasmu saat berada pada ketinggian lebih dari 2000 mdpl, Lalu apa sih rahasianya agar anda para pendaki wanita agar tidak terlihat manja saat di perjalanan? simak nih Tips Pendaki Wanita.

 

Berikut Tips Pendaki Wanita Agar Tidak Terlihat Manja Ketika Di Perjalanan

 

1. Siapkan Fisik dan Mental Dengan Maksimal

tips mendaki wanita, peralatan mendaki,cara mendaki, hiking, gunung
jika anda para wanita berencana naik gunung pertama kalinya, hal paling dasar yang musti kamu lakuin adalah menyiapkan fisik dengan sebaik-baiknya. Kamu bisa ngedapetin fisik yang baik dengan berolahraga, olahraga yang bisa km lakuin yaitu jogging. Selain murah dan mudah, jogging ternyata memberikan manfaat menyeluruh pada tubuh kamu, mulai dari kepala sampai kakimu. Berlarilah dengan durasi yang cukup di pagi dan sore hari seminggu full tanpa henti dengan durasi yang cukup, nggak berlebihan. Dengan olahraga rutin tersebut diharapkan agar otot kaki-kaki kamu nantinya menjadi kuat, nggak kaget, sehingga mampu bekerja dengan maksimal saat menapaki jalur pendakian nanti.

Setelah persiapan fisik kamu selesai, berlanjutlah untuk menyiapkan mental. Menyiapkan mental pun nggak bisa dipandang sebelah mata, sebab kuat tidaknya mentalmu bisa mempengaruhi keberhasilan pendakianmu nanti. Apabila mental kamu tangguh, bisa dipastikan pendakianmu bakal berjalan lancar sesuai, harapan nggak peduli sehebat apapun rintangan yang menghadangmu. Sekali mental anda jatuh, fisikmu pun bakal jatuh, selagi mentalmu kokoh, selemah apapun fisikmu masih bisa dipertahankan langkahmu, dan itu pun berlaku bagi siapa saja baik pemula maupun yang pengalaman.

2. Atur Jadwal

tips mendaki wanita, peralatan mendaki,cara mendaki, hiking, gunung
Untuk mendapatkan momen yang tepat dan minim gangguan, mengatur jadwal pendakian untuk kamu para wanita sangatlah perlu. Ini bertujuan agar nanti saat kamu mendaki nggak bertepatan dengan siklus menstruasi kamu yang bisa aja mengganggumu, baik mengganggu kenyamanan maupun gangguan rasa nyeri pada perut akibat datang bulan tersebut. Jika kamu sedang dalam kondisi haid, sebaiknya kamu merubah jadwal agar nanti saat pendakian menjadi maksimal.

3. Wajib Gunakan Peralatan Standart

Peralatan untuk pendaki wanita
Resiko kecelakaan maupun kehilangan nyawa di gunung bisa terjadi kepada siapapun, bahkan kepada kamu. Untuk menghindari hal tersebut anda kudu bener-bener memperhatikan peralatan bawaan anda dengan seksama. Pastikan bahwa peralatan yang kamu bawa untuk berpetualang sesuai dengan standart, dan ini nggak bisa ditawar. Peralatan wajib yang musti kamu bawa saat melakukan pendakian gunung terdiri dari tenda, tas gunung, sleeping bag, matras, senter, kompor dan bahan bakarnya, nesting, serta peralatan makan dan jangan lupa trashbag sebagai wadah sampah-sampah anda. Kalau kamu nggak memiliki peralatan yang disebutkan, kamu bisa menyewanya, diluaran sana banyak banget toko outdoor yang biasanya nyewain juga alat pendakian, alat yang disewakan pun beragam, ada yang terdiri dari satu set peralatan, ada juga yang satuan. Namun kalau kamu memiliki uang, saran saya mending beli aja peralatannya biar saat kamu pengen nanjak sewaktu-waktu nggak kebingungan soal peralatan. Di samping itu, memiliki peralatan pendakian sendiri mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi para pendaki. Harga peralatan pendakian pun kini semakin bersaing, anda bebas memilih peralatan standart sesuai dengan budget kamu, namun untuk peralatan seri wanita biasanya agak lebih mahal. Harga Tenda/doom saat ini bisa kam dapetin dengan mengeluarkan uang kira-kira sebesar 600ribuan, dengan uang sebesar 400ribuan, kamu udah bisa bawa pulang tas gunung kapasitas 60liter, sleeping bag dengan harga nggak lebih dari 200ribuan pun banyak dijual, jaket women series sekitar 250ribuan udah dapet,sepatu gunung 220ribu bisa diangkut. Budget nggak sampek 2 juta udah dapet 1 set alat pendakian, itupun plus outfit. Gimanapun juga, kehilangan duit sebesar apapun jumlahnya, nggak bakal berarti apa-apa asal anda selamat. Seorang pendaki berpengalaman selalu menjadikan keselamatan sebagai tujuan prioritas dan menempatkan hal lainnya seperti puncak, view keren hanyalah sebagai bonus. Panorama seindah apapun, pengalaman sehebat apapun nggak bakal berarti kalau kamu kehilangan nyawa, bener kan??

4. Cek Perlengkapan Pribadi Anda
Selain wajib menggunakan peralatan standart seperti tenda dan lainnya, anda pun harus memperhatikan perlengkapan pribadi, apakah udah lengkap dan dalam kondisi layak pakai. Perlengkapan pribadi pada umumnya terdiri dari outfit, obat-obatan, logistik.

Outfit

tips pendaki wanita memilih sandal
Banyak sekali kita temui para wanita salah kostum saat mendaki gunung. Mereka cenderung memilih berpakaian yang instagramable banget ketimbang berpakaian sesuai dan emang didesign untuk di gunung. Kita pun sering menjumpai banyak wanita yang masih aja memakai celana levis untuk naik gunung, padahal bahan tersebut sangat nggak recommended untuk dipakai nanjak. Pemakaian outfit yang nggak sesuai bisa aja ngebuat kamu lebih rentan terhadap kecelakaan, kalau udah kecelakaan pastinya bikin repot orang lain. Outfit yang sesuai untuk pendakian yakni kaos yang bersifat dryfit, sementara untuk bawahan janganlah memakai bahan levis lagi, tapi pakaialah celana yang terbuat dari bahan kain cotton atau gunakan celana khusus naik gunung yang pastinya membuat gerak kaki anda lebih leluas. Pakai juga jaket yang sesuai untuk pendakianmu, jangan asal-asalan dalam memilih jaket sebagai pelindung tubuh dari dingin, sebagai pedoman silahkan baca Tips Memilih Jaket Gunung Kualitas Oke. Sementara untuk kamu yang berhijab, usahakanlah memakai hijab yang sederhana dan nggak mudah lepas.

Obat-obatan

tips mendaki wanita, peralatan mendaki,cara mendaki, hiking, gunung
Ketersediaan obat-obatan dalam daftar bawaan perlengkapan kamu akan sangat membantu saat terjadi hal yang nggak diinginkan, misalnya kecelakaan. Gunung yang memiliki cuacanya sendiri tentunya mudah sekali ngebuat kamu rentan sakit. Ketika kondisi fisikmu melemah, untuk jalan pun kesulitan sehingga resiko jatuh sangatlah mungkin terjadi. Untuk itu selalu bawalah 1 set kotak P3K yang biasanya berisi perban, kasa, plester, alkohol, antiseptik, obat merah, gunting, jarum dan benang. Selain itu juga Kamu bisa menambahkan paracetamol sebagai obat saat sedang demam, analgesik/obat untuk meredakan rasa nyeri, dexametasone sebagai obat alergi, obat diare, obat asma serta oxy sebagai cadangan oksigen saat kamu kesulitan bernapas.

Logistik

tips mendaki wanita, peralatan mendaki,cara mendaki, hiking, gunung
Logistik merupakan perlengkapan yang bersifat konsumtif dan berfungsi untuk memberikan asupan tenaga untuk kamu. Logistik standart yang bisa kamu bawa saat mendaki gunung contohnya beras, sayur-sayuran, buah, ikan serta air putih yang cukup sebagai cairan hidrasi kamu. Selain logistik standart, kamu juga bisa membawa kebutuhan lainnya sesuai selera, asalkan memiliki kandungan nutrisi dan kalori yang baik sebagai tambahan tenaga kamu saat dijalananan. Jangan pernah sekalipun membawa barang/kebutuhan yang memiliki fungsi sama seperti yang sudah ada biar nggak mubadzir, selain itu membawa kebutuhan yang nggak penting justru semakin menambah beban tas kamu menjadi berat.

5.Pakailah Sepatu Khusus Untuk Hiking

Sepatu untuk pendaki wanita
Kekuatan kaki merupakan senjata utama bagi para pendaki gunung, baik bagi wanita maupun pria demi meraih puncaknya. Untuk menapaki track yang naik turun, dan terjal diantara jurang-jurang khas pegunungan tentulah membutuhkan kondisi kaki yang bener-bener kokoh. Demi menjaga agar kondisi kaki kamu tetap terjaga kekokohannya serta menghindarkan dari berbagai masalah yang menyerang kaki seperti lecet dan terkilir alangkah baiknya kalau saat mendaki gunung selalu memakai sepatu. Untuk memilih sepatu yang baik dalam pendakianmu, kamu kudu memperhatikan model sepatunya, ukuran, fitur, sol dan tingkat kenyamanannya seperti penjelasan di bawah ini.

Model Sepatu Untuk Para Pendaki wanita

tips mendaki wanita, peralatan mendaki,cara mendaki, hiking, gunung
Lain gunung, lain pula track/jalur pendakiannya. Sebelum kamu memutuskan untuk memakai sepatu, pertama kali yang musti kamu ketahui yakni seperti apakah jalur yang bakal kamu lalui, untuk mengetahui jalur tersebut, km bisa bertanya kepada temanmu yang pernah ke sana atau dengan cara searching dari internet. Pada dasarnya model sepatu gunung ada dua macam, yakni model umum di bawah mata kaki dan model di atas mata kaki. Kedua model tersebut baik digunakan pada trek seperti apapun, namun untuk kamu pendaki pemula sebaiknya pakaialah sepatu dengan model di bawah mata kaki atau low cut karena model tersebut lebih fleksibel ketimbang di atas mata kaki.

Ukuran

tips mendaki wanita, peralatan mendaki,cara mendaki, hiking, gunung
Saat memilih ukuran sepatu gunung yang bakal dipakai, pastikanlah untuk mencobanya saat malam hari, karena ukuran kaki saat malam hari merupakan ukuran kaki kamu yang sebenarnya, selain itu, kamu juga bisa melebihi satu nomor dari ukuran sepatu yang biasanya kamu pakai sehari-hari. Melebihi satu nomor ukuran sepatu bermanfaat untuk memberikan ruang yang lebih saat kamu sedang turun dari gunung. Pemakaian sepatu yang pas memang nyaman saat dipakai untuk nanjak, namun akan menyakitkan jari-jari kaki kam saat turun nantinya.

Fitur

tips mendaki wanita, peralatan mendaki,cara mendaki, hiking, gunung
Sepatu gunung yang baik tentunya memiliki berbagai fitur, salah satu fitur yang paling umum yaitu anti air/waterproof. Sepatu yang memiliki fitur ini cocok sekali dipakai untuk naik gunung saat musim hujan dan masih bisa dipakai saat musim kemarau tanpa perlu khawatir bisa menyebabkan kaki kamu berkeringat. Sepatu yang terbuat dari bahan gore-tex ini pun selalu memiiki ventilasi pada setiap sisinya sebagai akses keluar masuk udarayang mampu mengurangi kelembaban dan bau pada kaki.

Sol

tips mendaki wanita, peralatan mendaki,cara mendaki, hiking, gunung
Saat hendak memilih sepatu, perhatikan juga bagian bawah sepatunya atau yang disebut sol. Usahakanlah untuk memilih sol sepatu yang berbentuk seperti gerigi karena sol bergerigi tersebut berfungsi sebagai daya cengkram saat kamu menapaki sebuah jalur dengan maksimal, nggak peduli apakah medan jalur tersebut merupakan lumpur, tanah lunak, pasir maupun batu pasti bisa di atasinya.

Tingkat Kenyamanan 
Kenyamanan sepatu memiliki peran yang besar untuk pendakianmu, untuk menentukannya kamu bisa melakukan dengan cara menggunakan kaos kaki lalu berjalan sebentar. Kalau kaki kamu terasa pegal atau aneh berarti sepatu yang kamu pakai salah. Kalau pemilihan sepatumu tepat, kakimu akan terasa nyaman saat berjalan. Selain itu cara melangkah kamu juga mempengaruhi tingkat kenyamanan pada kakimu. Biar Kaki-kakimu semakin nyaman dan semakin jauh dari resiko kecelakaan yang bisa terjadi pada kakimu serta ngebuat pendakianmu nggak cepet lelah, kamu harus berusaha untuk berjalan dengan posisi badan lurus agar seimbang dan memusatkan beban pada area punggung. Saat Kamu akan menginjak gunakanlah bagian tumit kakimu sebagai tumpuan awal, setelah itu diikuti gerakan telapak kaki yang mengikuti bentuk pijakan. Lakukanlah teknik tersebut dengan rileks dan nggak perlu tergesa-gesa. Menggunakan tongkat pembantu untuk berjalan juga mampu mengurangi kelelahan dalam perjalananmu. Ketika pada kondisi track yang menanjak, condongkanlah badan kamu sedikit ke depan, lalu ambillah langkah yang sedang, nggak terlalu lebar agar tubuh kamu nggak goyah. Dan yang terakhir adalah jangan pernah malu untuk bilang istirahat saat kamu udah mulai ngerasa lelah. Istirahat saat dalam perjalanan usahakan agar nggak terlalu lama agar kondisi fisikmu tetap stabil, itupun merupakan salah satu tips pendaki wanita agar tidak terlihat manja ketika di perjalanan

Demikianlah beberapa Tips Pendaki Wanita yang bisa anda coba praktekkan, semoga menjadi manfaat sebagai persiapan menyambut pendakian gunung dambaan kamu.

Tips Pendaki Wanita Agar Tidak Terlihat Manja Ketika Di Perjalanan

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.