7 Tips Menyelamatkan Diri Saat Gunung Meletus Dan Gempa

0 350

Berbagai tricks 7 Tips Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gunung Meletus– Banyak orang bilang kalo negara kita Indonesia adalah serpihan dari surga beragam keindahan yang tercecer dari ujung timur sampai dengan ujung barat seolah menjadi pembius mematikan bagi para pecandu eksotisme. Mulai dari pasir putihnya, baharinya, gunungnya, adat dan kearifan lokalnya,maupun berjuta jejeak-jejak peninggalan masa lampau yang hingga kini belum banyak yang terungkap dan secara nggak langsung, seolah emang sebuta serpihan surga itu benar adanya.

Namun siapa duga, dengan terdapatnya berjuta ragam eksotisme alamnya, ternyata negara kita ini juga memiliki begitu banyak potensi bencana alam, laksana bom waktu yang siap meledak kapanpun. Berdasarkan tata letak negara kita yang masuk dalam Ring of Fire Pacific atau yang disebut juga Lingkar Cincin Api Pasifik , seperti gempa Osaka termasuk didalamnya, jadi rasanya wajar kalau berbagai bencana alam seperti gempa bumi dan gunung meletus seringkali terjadi di negara kita tercinta. Lingkar cincin api sendiri adalah tempat bertemunya lempengan pusat tektonik dunia, dan itu bisa ditandai dengan banyaknya terdapat gunung-gunung berapi.

Lalu, apakah bencana gunung meletus bisa dicegah? Jawabnya tentu nggak bisa. Namun kalau meminimalisir jumlah korban bisa dilakuin. Dan kali ini gw akan berbagi sedikit tips tentang gimana sih nyelametin diri saat terjadi bencana alam gunung meletus yang kerapkali nimbulin banyak korban jiwa maupun harta benda ini.

Berikut Tips Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gunung Meletus

1. Hindari Kawasan Yang terindikasi Rawan
Kawasan yang terindikasi rawan saat terjadi letusan gunung adalah kawasan yang biasanya terdapat pada gunung tersebut,misalnya lereng gunung, lembah serta jalur aliran lahar. Pastikan untuk menjauhi area tersebut karena area tersebut merupakan area yang pertama kali bakalan terkena dampak material letusan gunung yang berupa wedus gembel/awan panas maupun lahar panas dan maetrial lainnya.

2.Tutuplah Pintu, Jendela Serta Lubang Lainnya Pada Rumah

https://ngetricks.com/tips-dasar-menolong-korban-kecelakaan-yang-benar/
Cara yang satu ini dirasa tepat sekali dilakukan jikalau Saat Terjadi Letusan Gunung, elo sedang dalam kondisi terjebak di dalam rumah, dengan menutup semua lubang yang terdapat pada rumah, maka material abu vulkanis yang disemburkan dari letusan gunung nggak akan memasuki rumah, karena abu vulkanis dapat mengakibatkan dampak buruk bagi pernapasan.

3. Gunakan Pakaian Yang Bersifat Memproteksi
Pakaian Yang bisa dikenakan saat terjadi bencana alam gunung meletus adalah pakaian yang hampir bisa menutupi seluruh bagian tubuh, pakaian yang pas adalah pakaian yang memiliki lengan panjang, memakai topi pun sangat disarankan.

baca juga: Tips Dasar Menolong Korban Kecelakaan Yang Benar

4. Persiapkan Diri Untuk Bencana Susulan Yang Mungkin Terjadi
kalau saat terjadi letusan gunung dan elu saat itu berada di ruang yang terbuka, berlindunglah dari abu letusan dan awan panas yang dilontarkan dari gunung tersebut. Ketika awan panas mulai turun usahakanlah untuk menutup muka dengan bagian kedua telapak tanganmu, lantas siapkanlah dirimu dari segala kemungkinan bencana susulan yang akan terjadi.

5. Gunakan Masker atau kain untuk menutup mulut dan hidung

https://ngetricks.com/tips-dasar-menolong-korban-kecelakaan-yang-benar/
Menutup mulut dan lubang hidung dengan kain ini ditujukan agar abu vulkanis dari letusan gunung nggak terhirup oeh kita, sehingga diharapkan nggak bakal ganggu pernapasan kita.

6. Hindari Memakai Lensa Mata
Memakai lensa mata saat terjadi letusan gunung hanya akan membuat kondisi matamu menjadi iritasi bahkan bisa lebih parah.

7. Ikuti perintah atau intruksi yang diberikan oleh pihak yang berwenang

Cukup sekian sedikit tips yang gw bisa bagi, semoga bermanfaat dan bisa diterapkan.

Tips Menyelamatkan Diri Saat Gunung Meletus

Leave A Reply

Your email address will not be published.