7 Tips Sederhana Memilih Tenda Yang Baik

0 31

tips pemilihan tenda7 Tips Sederhana Memilih Tenda Yang Baik, gunung memang punya daya tarik yang luar biasa, keindahan gunung yang disuguhkan seolah menjadi magnet bagi semua kalangan. Baik anak muda maupun orang tua. Sehingga membuat siapapun ingin mendaki gunung. Namun semakin populernya mendaki gunung, tak sedikit kita menjumpai banyak sekali para penikmat maupun para pecinta alam yang sering lalai dan terkesan asal-asalan dalam menentukan Perlengkapan yang wajib dibawa saat Mendaki gunung idaman, terlebih adalah pendaki gunung pemula, yang notabene kebanyakan hanya berbekal nyali saat mendaki gunung. Belajar dari pengalaman tersebut hati kecil ane terketuk untuk sekedar menshare apa saja sih, bagaimana sih memilih peralatan yang sesuai dan benar?? Dan kali ini ane akan mengulas, gimana caranya memilih tenda yang baik, yuk simak kisi-kisinya berikut ini:

saat ente mau mendaki gunung, ente kudu paham dengan segala perlengkapan dan tetek bengeknya, contoh salah satunya yakni tenda. Tenda ini merupakan salah satu perlengkapan wajib yang musti dibawa oleh ente para penikmat maupun pendaki gunung, namun sebelum ane bagi-bagi tips memilih tenda yang baik, ente kudu ngarti dulu jenis-jenis tenda karena tenda itu banyak sekali jenisnya, yahhh, meskipun secara umum memang tenda berfungsi sebagai pelindung dari berbagai cuaca, tempat istirahat kita saat berada di luaran sana. Jenis tenda yang ane maksud di sini adalah tenda yang berdasarkan bentuknya, tenda tersedia dalam berbagai bentuk, contohnya tenda prisma/pramuka, tenda terowongan, tenda berbentuk kubah, dan tenda melengkung atau yang biasa disebut doom. Doom seringkali menjadi pilihan bagi para penikmat maupun pendaki gunung karena doom ini bersifat simple dan gak ruwet. Dan berikut tips memilih tenda/doom yang baik:

Tips Sederhana Memilih Tenda Yang Baik

 

1. BENTUK

http://ngetricks.com/wp-content/uploads/2018/05/Tenda_Pramuka2.jpg
setiap bentuk tenda memiliki penerapan yang berbeda, contohnya tenda prisma atau tenda pramuka ini seringkali menjadi pilihan utama oleh kawan-kawan pramuka saat ada acara, karena tenda yang satu ini biasanya memiliki kapasitas untuk nampung orang dalam jumlah banyak, tenda pramuka ini banyak terbuat dari bahan parasit dan tanpa ada alas lantainya. Berbeda dengan tenda/doom, tenda doom/tenda melengkung ini sangat ane sarankan untuk ente pilih sebagai tenda yang kudu ente bawa, karena tenda yang satu ini tidak butuh banyak ruang dalam tas dan memiliki banyak keunggulan.

2. KAPASITAS
Jikalau ente mau mendaki gunung rame-rame bareng temen ente, pastikan bahwa semua kebagian jatah ruang dalam tenda. Jangan sampai ntar ada yang g kebagian, kasihan ntar. Tenda/Doom memiliki banyak pilihan kapasitas, mulai dari kapasitas untuk 1 orang hingga 10 orang, dst. Pilihlah Kapasitas Tenda sesuai dengan kebutuhan kelompokmu, misalnya 4 orang yahh pilihlah untuk 4 orang, jangan salah pilih, kapasitas tenda yang kurang menyebabkan ruang gerak dalam tenda ente jadi terbates, kapasitas yang lebih justru ngebuat hawa panas yang keluar dari tubuh susah terkumpul, jadi gak maksimal hangatnya.

3. BAHAN
Selalu pilihlah tenda yang memiliki lapisan Polyurethane, karena tenda yang mempunyai lapisan ini memiliki jaminan yang tahan air alias waterproof, jadi ente kagak perlu kuatir meskipun mendaki dalam keadaan sedang turun hujan. Lapisan ini letaknya berada di dalam bagian tenda, baik pada bagian samping maupun bagian atasnya. Perhatikan juga ente memilih tenda yang bagian alasnya terbuat dari bahan nylon, bahan nylon memiliki daya tahan lebih terhadap abrasi akibat alas yang langsung bersentuhan dengan tanah.

4. LAPISAN LUAR TENDA

Tips Sederhana Memilih Tenda
Pada umumnya kebanyakan semua bagian luar tenda terbuat dari bahan Polyurethane, namun ada juga tenda yang terbuat dari bahan Silicon elastomer pada lapisan luarnya, dan ane sangat menyarankan ente untuk memilih tenda yang memiliki fitur Silicon elastomer pada lapisan luarnya, tenda dengan lapisan luar ini memiliki keunggulan lebih ketimbang bahan polyurethane, karena bahan silicon elastomer bersifat lebih kuat, lebih kedap air dan lebih elastis dan sanggup bertahan dalam suhu yang tinggi sekalipun.

baca juga: Tips Wajib Untuk Lo Para Pendaki Pemula

5. LAYER
Layer merupakan lapisan ganda yang terpisah dari tenda, yang mampu menutupi tenda secara keseluruhan. Layer atau yang sering disebut flysheet ini memiliki kegunaan untuk penahan pertama dari air, udara dan hawa dingin. Namun kelemahan tenda yang memiliki layer ini yakni membutuhkan ruang extra saat packing.

6. PILIHLAH TENDA YANG MEMILIKI FRAME DAN TALI YANG KUAT
Frame sebuah tenda dikatakan baik bila mampu menjaga bentuk tenda dan tenda tetep berdiri meskipun diterpa angin yang kuat maupun guyuran hujan deras. Frame tenda pada umumnya terbuat dari bahan fiber dan alumunium dan keduanya memiliki ketahanan yang berbeda dengan harga yang berbeda pula. Kalo saran ane, apabila ente memiliki uang yang lebih, mendingan pilihlah tenda yang memiliki frame yang terbuat dari alumunium. Selain itu juga pilihlah tenda yang memiliki tali yang kuat, karena tali ini berfungsi sebagai pancang frame, pastikan juga keberadaan lubang tali tesebut rusak atau gak.

7. WARNA
Pemilihan warna menjadi penting karen warna ini bersifat sebagai pengenal dan memudahkan kita untuk menemukan tenda ente. Semakin terang warna tenda ente dijamin semakin mudah ditemukan, jadi kesalahn masuk tenda orang lain gak bakal terjadi. Namun kelemahan tenda dengan warna yang cerah adalah kotoran akan lebih terlihat jika dibandingkan dengan tenda yang memiliki warna agak gelap.

Demikian beberapa tips memilih tenda yang bisa ane bagi, mudah-mudahan bermanfaat. Namun semuanya tergantung dari pilihan dan berapa banyak uang di kantong ente masing-masing, hehehe.

Tips Sederhana Memilih Tenda Yang Baik

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.