7 Tips Sederhana Wedding Fotografi Bagi Pemula

0 27

Tips Fotografi – 7 Tips Sederhana Wedding Fotografi Bagi Pemula,  Hmmm blognya saya campur – campur gapap nih yah, yang penting masih seputar ngetrick ngetrik deh hehe. Jadi biar kalian juga gak bosen. Mau bahas soal dunia fotografi yang juga merupakan pasion saya. Dan juga pekerjaan nyata saya di dunia yang fana ini hahaha.

Yap yang bakal saya bahas sesuai dengan judul nih yakni tentang wedding fotografi atau foto nikahan. Tidak seperti foto studio yang sudah dilengkapi dengan peralatan yang cukup lengkap dan lokasi yang nyaman pula. Wedding Fotografi bakal kalian hadapi dengan segala macam hal hal penuh kejutan yang bakal menantang mental anda. Yaudah Gak usah banyak bacot, langsung aja lah. (disini saya menggunakan kamera canon 60D, sebagai acuan)

Berikut Tips dan Trik Wedding Fotografi Untuk Pemula :

1. Siapkan Mental Anda
Mengapa memotret di lokasi wedding perlu mental, seperti yang saya ungkapkan diatas nih kalian bakal menemui hal hal menarik dan mengejutkan. Mulai dari obyek foto alias manten yang bukan foto model, jadi ada kalanya menata atau membuat gaya tidak semudah yang dibayangin. Secara mereka bukan model. So kuatkan mental dan jaga emosi kamu yah.

2. Cari Referensi Gaya

Tips dan Trik Wedding Fotografi
Seperti yang ane ungkapin di atas gak semua manten alias obyek foto kamu ini adalah foto model. Jadi ketika kalian mau menata style atau gaya gak bisa sembarangan. Ada beberapa gaya formal yang harus digunakan. Terutama Bride yang dirias dengan pakaian adat jawa atau sunda. So banyak banyak lah cari referensi, bisa lewat google ataupun lewat teman teman komunitas fotografi di tempat anda.

3. Gunakan gear yang anda pahami
Anda harus memahami betul gear / kamera dan peralatan pendukung lainnya. Karena kecepatan dan ketepatan adalah hal wajib ketika berada di lapangan. Kalau kamu gak hapal betul setingan kamera dan gear lainnya. wah bisa Berabe kan, acara udah jalan kamu masih bingung seting sana seting sini.

Baca juga : 5 Fakta Android Dan Sejarah Android Yang Wajib Kamu Ketahui

4. Gunakan alat yang simple namun powerfull menurut anda
Powerfull menunurut anda ini maksudnya yang emang betul-betul anda pahami. Percuma kan kalau kamu makek Canon 5D tapi belum paham betul karakter kamera tersebut. Kan mending pakek Canon 100D namun kita emang tau betul bagaimana menggunakannya.
gak perlu juga kita bawa peralatan yang beraneka ragam ruwetnya. Karena kamu gak bakal tahu seperti apa lokasi yang bakal kalian temui.

5. Pahami Wb Shift


Wb Shift ini ada pada setingan di Kamera Canon saya gak tau di Nikon atau merk lainnya, karena saya juga masih nub nih baru megang Canon aja hahaha.
Pengaturan WB SHift merupakan hal Vital yang harus benar – benar kamu pahami. Karena kondisi pencahayaan di setiap lokasi wedding berbeda – beda. Ada yang cenderung merah, Hijau, Biru Dll. Ketika anda berada pada kondisi pencahayaan yang cenderung biru kamu harus bermain intuisi bagaimana cara menetralkan warna biru tersebut dengan menggunakan tehnik Wb Shift tersebut.

6. Bawa Baterai Cadangan
Di Lokasi pernikahan kamu gak bakal tahu berapa lama acara pernikahan bakal berlangsung. karena tamu yang diundang tiap acara berbeda – beda. dan semua keluarga kebetulan doyan foto. Saya pernah mengalami kejadian seperti ini. Keluarga yang diundang ada ribuan dan mereka semua narsis – narsis abis satu keluarga naik bisa minta 3-5 foto bayangin kalau ada 500-1000 orang habis sudah baterai saya. Dan saya juga lupa membawa baterai cadangan pula. Anjeeeer dah -_-

7. Komunikatif


Yap ini adalah tips terakhir yang bisa saya bagikan buat kalian nih. Komunikatif kepada keluarga Pengantin dan pada pengantin pula. Karena dengan komunikasi yang bagus, kamu bakal dihargai pihak mereka. Kamu juga bakal mengetahui apa sih yang mereka inginkan dari jepretan foto anda.

Nah itu tadi sedikit tips tentang Wedding Fotografi. Hal diatas merupakan pengalaman saya sendiri yang masih newbie keras. Jangan bandingin lah saya sama Riophotography apalagi Om Darwis hahaha.
So sekian dulu artikel dari saya semoga bisa sedikit membantu teman – teman sekalian. Kedepan saya juga bakal bagi – bagi sedikit ilmu lagi yah , tolong didukung yaah. Jangan lupa komen – komen, atau sekalian kalian pengen tanya tentang apa monggo.

 

Tips dan Trik Wedding Fotografi Untuk Pemula

Leave A Reply

Your email address will not be published.