Cara Mencari Perangkat Saya di Android yang Hilang Ampuh

Jika HP Android hilang, ternyata kita dapat mencarinya dengan Cara Mencari Perangkat Saya di Android yang hilang dengan menggunakan bantuan Android Device Manager.

Apakah kamu ada pengalaman kurang mengenakkan karena kehilangan hape android. Saya juga pernah merasakan hal tersebut, apalagi kalau di dalam hapenya banyak file-file penting serta kenangan-kenangan penting atau foto-foto dengan mantan pacar. 

Pernah menggunakan cara temukan Temukan Perangkat Android Saya yang merupakan salah satu layanan terbaik dari google ?

Jika belum hal tersebut akan saya kupas di artikel kali ini. Google sendiri sebenarnya sudah memberikan fitur keamanan untuk melacak hape Android yang hilang, Aplikasinya bernama Android Device Manager.

Sedangkan untuk beberapa HP Android khusus seperti Xiaomi, kabarnya merek ini bisa melacak Android yang hilang dengan menggunakan IMEI yang ada, akan tetapi kabar tersebut belum bisa dibuktikan dengan hasil yang nyata.

Nah cara melacak hape yang hilang dengan GPS atau android device manager memiliki beberapa keuntungan, Mau tahu simak berikut ini :

Keuntungan Mengaktifkan Android Device Manager Untuk Melacak Android Hilang

  1. Mudah mencari hape android yang hilang atau lupa menaruh tempatnya dan kebetulan kamu mengaktifkan fitur silent. Jadi susah nyarinya. Kalau ada ADM ini kamu tinggal pinjem hape temen, atau gunakan komputer untuk mencarinya atau sekedar menyalakan nada deringnya meskipun hape tersebut pada kondisi silent.
  2. mengunci hape smartphone dari jarak jauh, jadi kalau kamu lupa meninggalkan hape di rumah teman atau di kampus. Kamu bisa mengontrol dan mengaktifkan kunci layar smartphone, biar gak digunakan orang lain.
  3. Menghapus Isi Hape Android dari Jarak jauh ternyata bisa juga dilakukan dengan menggunakan android Device manager ini. Buat jaga- jaga ada file nganu dan hape kebetulan hilang, jadi rahasiamu tidak akan tersebar luas, ciyeeeh.
  4. Bisa menampilkan lokasi terakhir hape kamu hilang lewat GPS. Jadi ketika hape kamu tertinggal di suatu tempat karena lupa, kamu bisa mengaktifkan temukan Perangkat Android saya. Dan disana akan muncul lokasi terakhir hapemu aktif.
  5. Smartwatch mu jatuh , ternyata Android dvice manager juga bisa membantumu mencarikannya loh gaes. keren banget kan.

Baca juga :Cara Root Android Dengan Dan Tanpa PC Serta Keuntungan Root Android

Bagaimana Cara Menggunakan Android Device Manager

Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan ketika Anda ingin menggunakan aplikasi Android Device Manager untuk kebutuhan keamanan perangkat. Yuk simak tahapannya berikut ini.

  • Pastikan Anda memiliki Akun Gmail dan HP Android terhubung dengan Internet.
  • Hubungkan HP Android dengan akun Gmail dengan cara login terlebih dahulu ke smartphone tersebut.
  • Masuk ke Menu Setting/pengaturan > Security/keamanan > device administrator/administrator perangkat > centang atau aktifkan android device manager

Catatan : Bagi Anda yang baru pertama kali mengaktifkan Android Device Manager, Pada umumnya terdapat pengaturan tambahan yang harus diaktifkan terlebih dahulu, silahkan tinggal disesuaikan saja ya dengan HP Android yang dimiliki. 

Cara mengaktifkan kontrol Jarak Jauh Hape Android 

Apabila cara diatas terkesan sulit, Anda bisa ikuti tutorial cara mengaktifkan kontrol jarak jauh yang ada di HP Android dengan bantuan Android Device Manager berikut ini. 

1. Masuk ke Menu Settings > Security > Device Administrators > Centang Android Device Manager

2. Lanjutkan lagi dengan Masuk menu setting > Cari Menu Google > Security > Aktifkan Remotely Locate This Device dan Allow Remote Lock and Erase 

3. Langkah terakhir aktifkan GPS Lock. Caranya masuk ke Menu Setting > Menu Google > Location > On-kan Menu Locationya

cara mengaktifkan ADM

4. Enjoy~

Selain membahas tutorial cara mencari HP hilang, kita juga punya tutorial root untuk Xiaomi yang bisa dibaca Cara Root Xiaomi MIUI 9 Dengan Atau Tanpa PC

Cara Mencari Android Hilang dengan Find My Device Google

Find My Device adalah salah satu yang dibuat dan dikembangkan oleh Google untuk sistem operasi Android. Aplikasi ini sangat bagus dan berguna untuk antisipasi HP Android yang hilang. 

Dengan memasang aplikasi pelacak HP Hilang ini, pemilik dapat mengetahui posisi HP mereka. Adapun cara-cara yang dapat dilakukan untuk mencari dan menemukan HP Android yang hilang menggunakan bantuan aplikasi find my device google adalah sebagai berikut.

1. Login terlebih dahulu ke akun Gmail, bisa menggunakan komputer, laptop atau HP.

2. Buka Google dan ketik : Find My Device dan pilih situs yang pertama muncul seperti gambar dibawah.find my device

3. Setelah masuk di halaman google find my device disitu tertera hape android apa aja yang terhubung dan tersinkron dengan email. Terlihat bahwa HP Android dengan merek Huawei Y6 terkoneksi dengan email yang telah di login kan.

4. Anda dapat melihat lokasi akhir dimana HP tersebut berada, dengan catatan HP tersebut masih terhubung dengan jaringan Internet. Cara temukan perangkat Android saya yang hilang

Dengan menggunakan fitur Find My Device, diharapkan dapat mempermudah Anda menemukan HP yang hilang atau terselip. 

Keterangan !

  • Phone Location ditandai dengan Kotak Merah : Kotak yang kecil berwarna merah pada gambar diatas menunjukkan lokasi hape terakhir.
  • Play Sound : Jika HP Anda ilang atau lupa menaruh dirumah pada posisi silent, gunakan menu ini dan secara otomatis HP anda akan berdering.
  • Secure Device : Menu ini berguna untuk melindungi HP Anda yang hilang, terjatuh atau apapun itu yang mana tidak bisa dikontrol lagi. Dengan mengaktifkan fitur ini Anda dapat memberikan pesan khusus untuk mereka yang mengambil atau menemukan HP tersebut dengan tetap mengunci HP Android itu. Anda juga dapat melihat posisi HP Android tersebut secara realtime selama smartphone android itu terhubung dengan jaringan internet.
  • Erase Device : Hampir mirip dengan fitur yang dimiliki iPhone, Anda dapat menghapus seluruh data yang ada di Android dengan memilih menu ini. Tentunya seluruh file, data dan dokumen di dalamnya akan terhapus secara total.

Baca juga :  Cara Unlock Boatloader Android Xiaomi Tanpa SMS Konfirmasi

Demikian tips dan Cara temukan perangkat Android saya yang hilang dengan menggunakan bantuan Android Device Manager dan beberapa aplikasi yang dibuat oleh Google. Cukup simpel kan tutorialnya, namun kelemahannya adalah ponselnya harus terhubung dengan internet untuk bisa melakukan semua proses ini.

Jika Anda Melacak Hape Seperti Samsung, Xiaomi, Oppo dll dengan imei saya rasa kamu perlu langsung menuju service center terdekat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *