Menyelamatkan Diri dari Kecelakaan Pesawat Terbang, Yuk Baca Tipsnya

0 21

Berbagai Tips – Menyelamatkan Diri dari Kecelakaan Pesawat Terbang, Yuk Baca Tipsnya, Kecelakaan pesawat terbang kembali terjadi di Negara Kita Indonesia, Dalam tahun ini sudah beberapa kali terjadi kecelakaan pesawat yang merenggut tidak sedikit nyawa. Bahkan masih ada pula korban yang belum ditemukan. Dan Baru ini Penyebab Kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 mengagetkan banyak pihak.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan sedikit tips tips untuk membantu atau paling tidak memberikan peluang selamat ketika pesawat yang anda naiki dalam kondisi genting.

Tahukah kamu sebenarnya kemungkinan tewas dalam kecelakaan pesawat terbang hanya 9 juta banding 1. Jadi bagaimana kita mempersiapkan diri sebaik mungkin ketika menaiki pesawat, simak berikut ini :

Menyelamatkan Diri dari Kecelakaan Pesawat Terbang

1. Gunakan pakaian yang nyaman
menjaga tubuh tetap hangat dan bisa bergerak dengan bebas adalah yang sangat perlu diperhatikan. Ketika hal tak di inginkan terjadi saat pesawat mengalami kecelakaan.

Jika anda akan melintasi daerah yang dingin gunakan pakaian yang cukup hangat seperti berbahan wol. Hal ini karena saat bahan wol basah, wol tidak kehilangan sifat menahan suhu dingin.

Baca juga :  7 Tips Menyelamatkan Diri Saat Gunung Meletus Dan Gempa

2. Gunakan sepatu yang nyaman
Untuk para wanita lebih baik menghindari menggunakan sepatu dengan heel tinggi. agar lebih nyaman ketika bergerak pada situasi darurat. Hindari pula menggunakan sandal, karena menggunakan sandal tidak bisa melindungi jari kakui kamu dari serpihan kaca atau api yang mungkin saja keluar ketika kecelakaan terjadi.

3. Duduk DI bagian Ekor pesawat

Menyelamatkan Diri dari Kecelakaan Pesawat Terbang
Menurut penelitian dari para pakar diluar sono nih, duduk dibagian belakang pesawat atau bagian ekor bisa menaikkan prosentase selamat hingga 40% lebih tinggi dibandingkan duduk dibagian tengah pesawat atau bagian depan.

4. Gunakan selalu sabuk pengaman
Meskipun akan terasa kurang nyaman ketika digunakan dalam jangka waktu lama, sabuk pengaman pada pesawat akan membantu anda tetap stabil ketika pesawat terguncang di udara.

5. Persiapkan ruang yang banyak
Maksudnya jika kemungkinan ada pesawat akan jatuh duduklah dengan tegak sehingga ada banyak ruang untuk anda, kamu akan mampu menganalisa hal pa yang terjadi di depan anda.

6. Tahan diri Dengan Kursi di depan
Jika kamu masih bisa meraih kursi di depan anda dekatkan diri anda silangkan tangan di kursi depan, tahan tubuh anda, hal ini berguna menahan guncangan yang keras.
Namun jika kursi depan tidak dapat terjangkau, anda bisa membungkukkan diri kedepan letakkan dada dan kepala di antara kedua lutut.

7. Lindungi diri dari asap
Api dan asap mejadi penyebab paling banyak kecelakaan, cara untuk menghindari asap adalah dengan menutup diri dengan kain tebal atau kain basah. Sehingga asap tidak langsung masuk ke mulut atau hidung.

8. Keluar Dari PEsawat jika memungkinkan

tips kecelakaan pesawat

Jika rute yang anda lewati adalah rute perairan, usahakan untuk keluar dari pesawat secepat mungkin dan jangan lupa gunakan pelampung untuk menambah prosentase keselamatan.
Perlu diketahui 70% kematian karena kecelakaan pesawat adalah ketika pesawat mengalami tubrukan dengan air atau tanah dan pesawat akan terbakar.

9. Gunakan semua barang berguna di sekitar anda
Barnag berguna seperti bantal mampu melindungi kepala anda dari benturan. Masukkan Handphone pada kantong anda dan jangan lupa menyalakan sinyalnya. hal ini berguna bila nantinya kita selamat dan bisa memionta bantuan.

Nah iTu tadi beberapa cara dan tips membantu anda ketika pesawat mengalami hal genting. SEmoga tips diatas mampu membantu selamat ketika kecelakaan yang tidak di inginkan mendatangi anda. Namun semoga kecelakaan tak mungkin terjadi.

Kemungkinan Selamat Dari KEcelakaan Pesawat Terbang

Meski demikian, berdasarkan hasil peninjauan yang dilakukan Badan Keselamatan Transportasi Nasional AS terkait kecelakaan pesawat nasional dari 1983 sampai 1999, diketahui, lebih dari 95 persen penumpang selamat dari kecelakaan, termasuk 55 persen dalam insiden paling serius.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan Dewan Keselamatan Transportasi Eropa pada 1996 memperkirakan, 90 persen kecelakaan pesawat secara teknis selamat.

Agustus lalu BBC melaporkan, selama dua dekade sejak dua penelitian itu dilakukan, keselamatan penerbangan disebut telah meningkat tajam dan kecelakaan fatal menurun.

Baca juga :  Tips Dan Trik Menghadapi Cuaca Dingin, Buat Yang Tidak Terbiasa

Lantas, apa yang menentukan kecelakaan pesawat bisa diatasi?

Tom Farrier, mantan direktur keselamatan di Asosiasi Transportasi Udara AS menjelaskan dalam situs web Quora, ada tiga kondisi yang membantu menentukan apakah kecelakaan pesawat dapat diatasi.

Pertama, seberapa parah saat terjadi kecelakaan seperti benturan atau tabrakan.

Apakah hal tersebut dapat ditoleransi kekuatan manusia.

Kedua, apakah struktur pesawat yang mengalami kecelakaan tetap utuh secara substansial.

Ketiga, apakah kondisi lingkungan pasca-kecelakaan bisa menimbulkan ancaman bagi penumpang maupun tim penyelamat.

Singkatnya, seberapa buruk kecelakaan terhadap tubuh, seberapa parah kerusakan yang dialami pesawat, dan apakah reruntuhan serta lingkungan tempat pesawat jatuh aman.

Selain harus mematuhi aturan selama naik pesawat, mulai dari mengenakan sabuk pengaman, tidak memakai pakaian yang mudah terbakar, atau memerhatikan di mana Anda duduk di pesawat, ada hal lain yang lebih penting.

Konsultan penerbangan Adrian Gjertsen mengatakan, kondisi pesawat dan penumpang selama terjadi insiden jauh lebih penting.

Pasalnya, keselamatan lebih tergantung pada tiga hal seperti disebutkan di atas.

“Satu hal yang bisa memperburuk masalah adalah keinginan penumpang untuk menyelamatkan barang bagasinya,” kata Gjertsen.

“Hal seperti ini sebenarnya justru dapat merugikan keselamatan. Tak hanya diri sendiri tapi juga orang lain. Jika ada sesuatu yang salah, segeralah menjauh,” tegasnya.

 

Menyelamatkan Diri dari Kecelakaan Pesawat Terbang

Leave A Reply

Your email address will not be published.