Tips dan Cara Daftar CPNS 2018 Via sscn.bkn.go.id

0 198

Tips CPNS – Tips dan Cara Daftar CPNS 2018 Via sscn.bkn.go.id, Para pencari lowongan kerja CPNS pasti sekarang sudah memasuki situs utama SSCN.BKN.go.id. Situs tersebut sudah bisa diakses pada pulu 13.00 tanggal 19 September 2018. Dan waktu mengirim lamaran pun sudah dimulai.

Namun sepertinya para pelamar harus sabar karena ketika tim ngetricks.com (saya sendiri) membuka situs tersebut masih terpantau down, mungkin karen pengunjung yang membludak. Jangan khawatir telat ngirim formulir, karena pendaftaran sebenarnya baru dibuka pada tanggal 26 september mendatang. Saat ini BKN hanya membuka situs untuk memberikan informasi.

Tidak Ditunda
BKN menegaskan pendaftaran CPNS 2018 tidak ditunda, meski link sscn.bkn.go.id belum bisa diakses pada pagi ini.

Pendaftaran CPNS 2018 memang hanya dilakukan via link sscn.bkn.go.id. Dan sempat ada kabar pendaftaran CPNS 2018 atau penerimaan CPNS 2018 diundur.

Namun, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengumumkanPendaftaran CPNS 2018 melalui link sscn.bkn.go.id dilaksanakan hari ini, Rabu (19/9/2018).

Pendaftaran CPNS ini akan terintegrasi melalui portal nasional, sscn.bkn.go.id. Dengan demikian, tak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh suatu instansi.

Kompas.com mencoba membuka website sscn. bkn.go.id pada pagi ini, namun portal SSCN belum dapat diakses.

Terdapat keterangan tertulis seperti ini: Portal SSCN saat ini belum dapat diakses sampai pengumuman resmi dari Pemerintah terkait penerimaan CPNS 2018. Info lebih lanjut dapat dilihat di Portal BKN (Badan Kepegawaian Negara) yaitu www.bkn.go.id.

Baca juga :  Tips Dan Trik Menghadapi Cuaca Dingin, Buat Yang Tidak Terbiasa

Keterangan pada portal SSCN Keterangan pada portal SSCN(sscn.bkn.go.id) Kompas.com mengonfirmasi terkait belum dapat diaksesnya portal SSCN kepada Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan.

Tips dan Cara Daftar CPNS 2018 Via sscn.bkn.go.id

Ridwan mengatakan, belum dapat diaksesnya portal SSCN ini disebabkan masih adanya instansi yang belum siap memberikan pengumuman.

“Masih banyak instansi yang belum siap dengan pengumuman. Coba nanti sore,” kata Ridwan saat dihubungi Kompas.com, Rabu (19/9/2018) pagi. Ia menambahkan, tidak ada penundaan terkait pembukaan CPNS ini dikutip kompas.com.

“Tidak ditunda. Iya mudah-mudahan (dapat diakses nanti sore). Targetnya hari ini go live untuk pengumuman formasi dan persyaratan,” ujar Ridwan.

Buat yang penasaran gimana sih nantinya cara daftar di SSCN.BKN.go.id. Berkut caranya

7 langkah Tips dan Cara Daftar CPNS 2018 Via sscn.bkn.go.id

1. Klik pendaftaran pada portal sscn.bkn.go.id.

2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu keluarga atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK).

3. Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Karti Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

4. Maukkan kode captcha yang terlampir. Kode captcha tidak bersifat case sensitive.

5. Setelah data diatas dimasukkan, klik lanjutkan untuk prosesi selanjutnya.

6. Pada proses ini, pelamar mengisi dan membandingkan data di KTP dengan data ijazah. Proses pemberkasan CPNS menggunakan data ijazah sebagai data pokok kepegawaian yang terdiri dari Nama susuai ijazah tanpa gelar, Tempat dan tanggal lahir. Pastikan bahwa anda mengisi data tersebut dengan benar.

7. Upload pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb maksimal 200 kb.

Namun sebelum mendaftar ke situs sscn.bkn.go.id, sebaiknya lengkapi 6 berkas dokumen penting ini.

1. Kartu Keluarga

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP

3. Ijazah

4. Transkrip Nilai

5. Pasfoto

6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan Instansi yang akan dilamar.

formasi lowongan cpns 2018

Sedangkan untuk Syarat Umum Pendaftaran CPNS 2018 lewat SSCN.bkn.go.id adalah sebagai berikut :

Sesuai Ayat (1) Pasal 23 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017, pada ‎prinsipnya setiap warga Negara Indonesia (WNI) mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi PNS, sepanjang memenuhi sembilan persyaratan yang telah ditetapkan, yaitu:

1) Usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar.‎

2) Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.

3) Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

4) Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

5) Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis.

6) Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan.

7) Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar

8) Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.

9) Persyaratan lain sesuai kebutuhan Jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). Persyaratan tambahan untuk masing-masing formasi ditentukan oleh PPK K/L/D.

Namun demikian, batas usia sebagaimana dimaksud yaitu usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun dapat dikecualikan bagi jabatan tertentu yang ditetapkan Presiden, yaitu paling tinggi 40 tahun.

 

Tips Mendaftar CPNS 2018

– Daftarlah diwaktu sepi, seperti di tengah malam, dini hari, atau di pagi hari dimana orang masih jarang yang online.

– Bersihkan riwayat Pelacakan, cache dan cokies browser kamu biar waktu ngunggah berkas jadi lebih mudah dan lancar.

– Gunakan koneksi internet yang cukup cepat baik download maupun upload

– Siapkan semua scan berkas, foto dan semua yang dibutuhkan. Jangan sampai ada yangterlewatkan

– Banyak berdoa

Tips Tes CPNS 2018 lain yang bisa kalian coba

1. Lakukan registrasi online ke Portal BKN dan cetal bukti pendaftaran peserta untuk digunakan dalam proses validasi dokumentasi di Instansi.

2. Kirimkan berkas lamaran yang diperlukan ke Intansi yang dilamar dengan disertai nomor pendaftaran peserta.

3. Petugas pendaftaran di Instansi melakukan verifikasi kelengkapan dan kebenaran dokumen lamaran, sesuai dengan data peserta yang sudah di entry di Portal.

4. Mintakan Nomor Peserta Test Ujian CPNS kepada Panitia Seleksi Instansi apabila berkas lamaran dinyatakan lengkap dan benar.

5. Ikuti Ujian TKD (sistem UK atau CAT sesuai yang digunakan oleh instansi) pada waktu dan tempat yang ditentukan oleh Panitia Seleksi Instansi.

6. Lihat perolehan nilai TKD melalui web atau media yang tersedia.

Bagi peserta yang dinyatakan lulus ujian TKD, berhak mengikuti Test TKB apabila dilaksanakan oleh instansi yang dilamar.

Buat yang mau belajar dulu sebelum melakukan Tes, Disini sudah kami siapkan Contoh Soal Tes CPNS 2018

Silahkan didownload Contoh Soal Tes CPNS 2018

Contoh Soal Cpns 1 

Contoh soal CPNS 2

contoh soal SKD CPNS tahun 2018

 

Tips dan Cara Daftar CPNS 2018 Via sscn.bkn.go.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.