Tips Dasar Menolong Korban Kecelakaan Yang Benar Biar Nggak Makin Parah

0 9

berbagai tricks Tips Dasar Menolong Korban Kecelakaan Yang Benar– Negara Kita merupakan salah satu konsumen terbesar mode transportasi, baik transportasi darat, laut, maupun transportasi udara. Dengan demikian berarti menempatkan negara kita sebagai penyumbang terbesar angka kecelakaan di dunia. Lantas gimana caranya agar kita secara pribadi mampu meminimalisir kecelakaan yang gak kita inginkan dan gimana sih cara yang bener untuk menolong korban kecelakaan? Dan Kali ini mimin akan bahas tips menolong korban kecelakaan yang bener, simak terus dan Temukan jawabannya di bawah ini.

Kecelakaan dalam berkendara emang siapa yang tau, dan menjadi momok yang sering kali gak diinginkan semua orang. Rata-rata kecelakaan ini seringkali terjadi tak terduga. Banyak faktor yang mengaruhin kenapa kecelakaan sampai terjadi, dan salah satu faktornya yakni human error/kelalaian manusia. jumlah korban dan kondisi korban kecelakaan selalu saja variatif, mulai luka ringan, luka berat, ada juga korban yang dalam kondisi sebenernya bisa diselamatkan, namun akibat salah penanganan saat pertolongan pertama akhirnya menyebabkan kelumpuhan, dan kematian. Belajar dari Kesalahan dalam pertolongan pertama, mimin tertarik untuk sekedar bagi tips dan sedikit petunjuk, gimana sih cara yang bener nolongin korban kecelakaan?

Inilah Tips Yang Benar Saat Menolong Korban Kecelakaan

1. CHECK RESPONS
Check response adalah tahapan awal yang wajib kita lakuin sebelum kita bertindak lebih jauh. Check respons ini bisa dilakukan dengan memanggil nama korban atopun menyentuh korban, jika korban memberikan respon, kita bisa nglanjutin dengan nanyain bagian mana aja yang kerasa sakit,. Namun jikalau tak ada respon sama sekali bisa dilanjutin ke pengecekan denyut nadi maupun denyut jantung. Check respons ini bertujuan untuk mengetahui kondisi awal korban, apakah korban dalam keadaan sadar, apakah korban dalam kondisi pingsan, ataukah udah dalam keadaan meninggal dunia. Jika korban tedeteksi dalam kondisi luka berat, jangan pernah memindahkan korban ke tempat lainnya, agar gak terjadi kesalahan dan nyebabin hal yang fatal bagi si korban sendiri, ketika berada pada situasi ini, lebih baik menunggu bantuan dari pihak Rumah Sakit maupun Polisi terdekat yang udah dihubungi dn biarkan pihak yang kompeten tersebut mengambil alih pertolongan dan evakuasi.

2. PERLUAS RUANG

http://ngetricks.com/wp-content/uploads/2018/05/kecelakaan-truk-karambol-brebes-paguyangan-20-maret-2018-8.jpgSering banget kita menjumpai banyak sekali kerumunan orang saat ada kecelakaan, baik untuk nyelametin maupun sekedar ngelihat, namun taukah kamu, sebenernya cara tersebut sangat gak dianjurkan karena semakin banyak kerumunan orang maka semakin sedikit ruang yang di dapet si korban, padahal si korban sangat ngebutuhin ruang yang luas. Penyempitan ruang saat pertolongan pada korban kecelakaan ini justru menghambat sirkulasi udara/oksigen dan mengakibatkan si korban kesulitan mengatur nafas, apalagi saat sedang syok/kaget, dalam kondisi seperti ini jangan pernah berikan minuman/makanan kepada si korban, selalu pastikan bahwa lokasi kecelakaan steril dan aman dari gangguan lainnya.

baca juga: 14 Tips Wajib Untuk Lo Para Pendaki Pemula

3. HUBUNGI KELUARGA SI KORBAN

http://ngetricks.com/wp-content/uploads/2018/05/130814-bb3.jpg
Setelah dua langkah di atas udah dilakuin, segeralah untuk menghubungi pihak keluarga si korban, ini penting dilakuin karena menyangkut nyawa/kondisi korban dan bertujuan untuk memudahkan pengurusan administrasi saat berada di rumah sakit. Usahakan berikan informasi kepada keluarga korban dengan baik, dan tidak mengagetkan agar keluarga si korban gak ikutan syok.

itulah beberapa cara menolong korban kecelakaan yang benar, semoga aja tips tersebut berguna dan bisa diterapkan saat ketemu kecelakaan di jalan maupun tempat lainnya, karena tips dasar ini hampir bisa diterapkan pada kecelakaan apapun sehingga meminimalisir kematian akibat salah penanganan pada korban kecelakaan.

Tips menolong korban kecelakaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.