Tugas HR Menumpuk Bikin Stres dan Emosi, Begini 5 Tips Mengatasinya

0

Berbagai TipsTugas HR Menumpuk Bikin Stres dan Emosi, Begini 5 Tips Mengatasinya, Tugas HR Menumpuk Bikin Stres dan Emosi, Begini 5 Tips Mengatasinya, Tanggung jawab pengelolaan karyawan yang dibebankan pada tim HR merupakan salah satu tugas besar yang penuh rintangan. Bagaimana tidak, ada ribuan karyawan yang harus dikelola sebaik mungkin dengan ribuan karakter dan keinginan yang berbeda – beda.

Tidak jarang, tim HR mengalami stres atau tekanan kerja yang sangat besar. Sementara itu, divisi HR memegang peran penting dalam setiap pengambilan keputusan yang menyangkut kesejahteraan karyawan. Hanya karena stres atau emosi, hal ini bisa berdampak buruk pada kinerja tim HR. Beban kerja atau tekanan kerja yang memicu stres pada tim HR sudah seharusnya segera ditangani. Berikut 5 tips yang dapat diikuti:

Tips Mengatasi Stres Pada Tim HR

1.Bersinergi dengan divisi lain

Tidak bisa dipungkiri, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain. Dua kepala akan lebih baik dibandingkan satu kepala. Apalagi, jika sudah menyangkut sebuah tim HR. Kekompakan tim yang saling mendukung, bersinergi dan kompak akan mampu menghadapi segala rintangan. Bahkan, hal ini akan lebih baik lagi jika tim HR dapat bekerja sama dengan divisi lain yang berkaitan untuk menyelesaikan tugas agar lebih efisien waktu.

2.Berkomunikasi

Masalah apa pun yang terjadi pada karyawan jangan hanya dibiarkan berlarut – larut. Setidaknya, Anda selaku tim HR bisa mengadakan meeting rutin untuk berkomunikasi dan berdiskusi menyangkut berbagai masalah yang dialami karyawan. Misalnya, masalah gaji, upah lembur, cuti atau kendala lain. Dengan berkomunikasi, kita bisa menyelesaikan masalah tanpa harus terbebani sendiri dan lebih mudah mencari jalan keluar bersama – sama.

Baca Juga : Lagi Cari Software HRD ? Perhatikan 5 Hal Ini

Tips Mengatasi Stres Pada Tim HR

3.Pendelegasian

Tugas HR menumpuk akan semakin membebani jika tidak segera terselesaikan. Bicarakan dengan tim Anda untuk saling berbagi tugas atau mendelegasikan tugas sesuai keahlian masing – masing. Jika setiap orang bisa bekerja sesuai keahlian, maka proyek akan bisa selesai dalam waktu bersamaan sesuai tenggat waktunya.

 

4.Menggunakan teknologi HR

Tak bisa dipungkiri, tugas HR memang terkadang begitu banyak dan rumit. Sebut saja seperti meluangkan waktu bagi karyawan yang ingin berkonsultasi, mengelola pembayaran karyawan, lembur, upah, tunjangan, BPJS hingga perhitungan potongan pajak PPH 21. Oleh karena itu, untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi stres, HR dapat mengandalkan software HRIS Indonesia.

Baca juga :  4 Tips Menjaga Keselamatan Kerja

LinovHR adalah software HRIS Indonesia berbasis cloud yang dilengkapi fitur dan modul fungsional untuk menyederhanakan tugas tim HR. Mulai dari manajemen absensi karyawan, cuti, lembur, fitur aplikasi payroll hingga perhitungan tunjangan, gaji dan pajak PPH21. Dengan Software HRIS Indonesia LinovHR semua tugas manajemen payroll dan HR dapat dilakukan secara otomatis. Sehingga dapat mengurangi beban stres dan meningkatkan kinerja tim HR. Coba LinovHR sekarang juga tanpa biaya apa pun alias gratis.

Baca juga : Yuk Ikutan Jadwal Harbolnas 2018 Di Marketplace Lokal, Banyak Diskon Dan Voucher Menarik Simak Disini

Cara Memilih Rumah Sewa Bandung Beserta Rekomendasi Lokasinya

Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More