Loading...

Tips Menghindari Kejahatan Dan Begal Ketika Mudik

0 67

Sekilas ViralTips Menghindari Kejahatan Ketika Mudik, Nggak terasa lebaran semakin dekat, para pemudik pun mulai melakukan persiapan untuk menuju kampung halaman masing-masing, terutama yang mencari nafkah di perkotaan. Pada tahun ini jumlah pemudik diprediksi bakal melonjak tinggi ketimbang tahun-tahun sebelumnya dan masih akan di dominasi oleh motor dan mobil pribadi. kenaikan tersebut dipicu dari semakin mudah dan semakin murahnya harga kendaraan yang dijual dipasaran. Selain dua hal tersebut, kelayakan infrastruktur baik jalan raya maupun jalan tol yang mengalami perkembangan pesat juga turut serta berperan atas lonjakan jumlah pemudik.

Jalan raya sendiri merupakan suatu area yang ngebutuhin tingkat kehati-hatian dan kejelian yang tinggi. Gimana nggak, resiko kecelakaan saat mengemudi di jalan raya udah barang tentu menjadi sebuah ancaman yang nyata, belum lagi dengan adanya aksi kejahatan yang seringkali muncul secara nggak terduga dan mengancam siapapun yang melewatinya. Aksi kejahatan saat ini pun semakin menjadi-jadi dan semakin terbuka, nggak peduli siapa sasarannya yang penting hasil. Apapun yang ditemui di hadapannya, entah itu mobil tertutup sekalipun bakal digasak selama pengendaranya dalam kondisi yang lengah. Untuk itulah kewaspadaan kita senantiasa dituntut lebih ekstra agar selamat dari sasaran aksi kejahatan yang seringkali berkeliaran di sepanjang jalan. Lalu gimana caranya agar anda terhindar dari ancaman aksi kejahatan di jalanan, baik saat mengendarai mobil maupun motor, silahkan simak beberapa tips berikut ini.

Tips Menghindari Kejahatan Ketika Mudik

Tips Menghindari Kejahatan Ketika Mudik

 

Saat Menggunakan Mobil sebagai Alat Transportasi

1. Siapkan Fisik dan Mental
Mengemudi dijalan raya, apalagi saat arus mudik berlangsung tentu nggak bakal lepas dari yang namanya kejenuhan, kelelahan akibat dari jarak yang ditempuh cukup jauh. Belum lagi kemacetan yang bisa aja terjadi di titik-titik tertentu di sepanjang rute perjalanan anda. Untuk itulah kebugaran fisik akan sangat-sangat diperlukan agar tubuh anda nggak mudah letih dan ngedrop saat mengendarai kendaraan anda. selain itu juga, kesiapan mental pun juga diperlukan agar anda nggak mudah kebawa emosi saat menghadapi tekanan yang mungkin di timbulkan saat berkendara. Jangan pernah sekali-kali untuk mengoperasikan mobil anda jika kondisi tubuh dan mental anda nggak dalam kondisi yang baik, sebab itu bisa menjadi boomerang bagi anda nantinya.

Related Posts

2. Buat Perencanaaan
Membuat rencana sebelum anda mudik akan sangat membantu dalam mengurangi resiko ancaman saat berkendara di jalan raya. Menentukan hari, tanggal, dan waktu jauh hari sebelum arus mudik tiba akan memberikan anda kesempatan untuk sekedar memetakan maupun mencari informasi terkait dengan rute manakah yang bakal anda ambil, di samping itu juga anda masih memiliki waktu untuk menandai daerah-daerah yang biasanya rentan sekali dengan tindakan kejahatan dan rawan macet. Hindarilah untuk mengendarai mobil sendirian pada waktu gelap, kalaupun nggak bisa di tahan lagi, lebih baik berhenti sejenak di tempat-tempat yang masih ramai sambil menunggu barengan yang mungkin datang atau mengalihkan rute lain yang maksimal penerangannya.

Baca juga : 5 tips hemat ketika mudik

tips mendaki wanita, peralatan mendaki,cara mendaki, hiking, gunung

3. Persiapkan Mobil Dengan Sebaiknya
Sebelum anda siap untuk melakukan perjalanan panjang menuju kampung halaman, jangan pernah lupa untuk mengecek kendaraan anda. Ujilah kondisi mobila anda untuk menentukan apakah kondisinya prima atau nggak. Ceklah dengan sangat teliti, mulai dari tekanan ban, kondisi rem, lampu, dan mesin anda. Persiapkan lah mobil anda dengan sebaik-baiknya agar nanti saat berada di jalan nggak bakal ngalamin mogok.

4. Berpenampilan Sederhana
Jika anda wanita, janganlah pernah berpenampilan wah, seperti mengenakan perhiasan berlebihan, dan berdandan yang menor ala pemain sinetron karena dandanan kayak gitu hanya akan mengundang penjahat yang mungkin berada di sekelilling anda. Lebih baik berpenampilan sederhana saja dan nggak mengumbar. Jika kaca depan mobil anda terang. Demi keamanan simpanlah barang bawaan berharga anda seperti dompet, handphone, laptop,kamera dengan rapi dan jangan biarkan berserakan di jok maupun dashbor mobil anda karena kalau penjahat melihat, meraka biasanya bakal mengikuti anda sampai di mana anda terjebak kemacetan atau saat anda sedang mengisi bahan bakar untuk mobil anda, saat itulah kondisi anda mungkin saja lengah dan biasanya penjahat akan beraksi dan mengembat barang-barang anda seketika itu.

5. Kenali Modus Kejahatan
Kriminalitas ddijalan raya emang bisa terjadi kapan aja dengan berbagai metode. Modus yang dipakai pun seringkali berubah-ubah tergantung dengan kondisi. Untuk mengantisipasi tindak kejahatan menimpa anda, anda pun dipaksa untuk selalu mewaspadai gelagat orang-orang di sekitar anda. Berapa modus yang pernah diungkap seperti pemecahan kaca dengan cara dilempar batu, ada juga yang terpura-pura tertabrak bahkan menyamar menjadi aparat gadungan juga menjadi salah satu modus yang sering diapakai oleh para penjahat. Saat hal demikian menimpa anda, yang musti anda lakuin yakni jangan pernah panik, jangan berhenti dan jangan tergesa-gesa untuk keluar, saat anda dalam kondisi panik otomatis anda nggak dapat berpikir jernih, yang terjadi justru anda bisa-bisa memperkeruh keadaan, anda bisa menunggu dahulu sampai keadaan menjadi ramai atau memilih kantor polisi sebagai tempat berhenti anda agar anda tetap dalam keadaan yang aman. Selain mewaspadai modus-modus tersebut, anda pun kudu up to date Dengan modus-modus baru yang seringkali muncul ketika modus yang lama udah terbongkar.

Baca juga :  Tips Dasar Menolong Korban Kecelakaan Yang Benar Biar Nggak Makin Parah

Kejahatan Ketika Mudik

6. Jangan Istirahat Di Tempat Yang Sepi
Tips Menghindari Kejahatan Ketika Mudik selanjutnya adalahKetika anda merasa keletihan dan mengantuk, tentu anda membutuhkan istirahat untuk sekedar melemaskan otot-otot demi memulihkan kondisi tubuh anda. Satu hal yang seringkali terabaikan oleh para pemudik biasanya memilih tempat istirahatnya dengan seenaknya aja, padahal sebenarnya hal ini nggak di rekomendasikan karena dapat memicu modus kejahatan juga. Pastikanlah anda memilih tempat istirahat yang memiliki situasi ramai, apabila anda memilih area ATM sebagai tempat istirahat, pastikanlah lokasi tersebut terdapat penjaga sehingga anda tetap dalam kondisi yang aman.

 

Tips Menghindari Kejahatan Ketika Mudik Saat Menggunakan Sepedah Motor Sebagai Alat Transportasi

 

Mudik dengan memakai sepeda motor memang memiliki keunggulan sendiri, selain nggak terlalu ribet, menggunakan motor saat mudik pun mampu lolos dengan mudah saat terjebak kemacetan, Namun selain memiliki nilai plus tersebut, ternyata memakai sepedah motor pun memiliki banyak kekurangan seperti ancaman tindak kriminalitas juga, bahkan kejahatan tersebut pun tergolong wah dan mencengangkan, aksinya cenderung nggak mengenal waktu. Tingkat kejahatan di jalan raya emang tinggi dan beragam, salah satunya yakni begal motor yang akhir-akhir ini sedang berada pada puncak kepopulerannya dengan berbagai modus-modus andalannya. Untuk mengurangi bahkan mencegah pelaku begal beraksi, sebaiknya simak sedikit tips di bawah ini.

 

Tips Mencegah Begal Ketika Mudik

Tips Mencegah Begal Ketika Mudik

1. Jangan Memacu Motor Dengan Kecepatan Stabil
Pelaku begal biasanya senang sekali menyasar pengendara yang memacu motornya dengan kecepatan yang stabil dan nggak nambah kecepatannya lagi selama 5-10 menit. oleh sebab itu sesekali paculah motor anda dengan kecepatan yang cukup tinggi, agar anda tampak lihai mengendarai motor. Para begal biasanya nggak bakal menyasar dan berpikir berkali-kali saat menemui pengendara yang doyan bermain-main dengan tunggangannya.

2. Gunakan Spion Standart
Penggunaan kaca spion standar merupakan suatu kewajiban dalam berkendara, Keberadaan spion standart ini semata-mata agar saat anda melihat situasi di belakang anda tanmpak dengan jelas. Sementara jika motor anda nggak terdapat spion, selain melanggar undang-undang lalu lintas, ternyata mampu juga memancing para begal untuk beraksi karena mereka udah pasti nggak bakal terpantau dan yang pasti bakal lebih leluasa melakukan aksinya.

3. Sedikit Sentuhan Modifikasi
Tips mencegah begal selanjutnya adalah Memodifikasi sepedah motor anda pun diyakini mampu menurunkan minat tindakan begal yang bisa aja menyasar anda. Bukan tanpa alasan, modifikasi motor meninggalkan ciri tersendiri pada sebuah motor sehingga akan mudah ditemukan dan susah laku. Sementara sepedah motor yang masih standart alias masih otentik dari pabrik adalah sasaran empuk para begal karena mudah sekali dijual dan banyak ditemukan kembaran dijalanan, sepedah motor kan nggak produksi cuma satu biji, iye kan..

Tips Mencegah Begal

4. Posisikan Tubuh Anda Ala Pembalap
Memposisikan tubuh seperti itu berlaku ketika anda dalam kondisi telat menyadari atau sedang diincer begal. Saat itulah penggunaan kaca di atas stang kemudimu akan berperan sebagai pemantau gerak-gerik begal sehingga mampu memprediksi kapan mereka bakal beraksi. Saat dalam posisi dikejar, tambahkanlah kecepatan motor anda dengan penuh konsentrasi dan tetaplah fokus pada jalan yang berada di hadapan anda sehingga mengurangi resiko anda terjatuh. Saat memacu motor dengan kecepatan tinggi, posisikanlah tubuh Anda membungkuk seperti pembalap motor kelas dunia semacam valentino rossi karena posisi begitu akan sangat menyulitkan begal melakukan kontak dengan anda. Ketika di pepet berusahalah untuk meloloskan diri dengan cara zig-zag. Namun jikalau begal masih terus menguntit, jangan pernah biarakan mereka menyalip motor anda apalagi memberikan ruang yang cukup di samping anda. Kalau anda berani dan yakin, balas aksi mereka dengan menendang bagian depan motor meraka saat dalam posisi mereka di samping anda, para begal cenderung nggak memperhatikan kondisi mereka seperti apa sehingga dengan mudah bisa dijegal. Setelah berhasil lolos dari kejaran begal, jangan berpikir untuk berhenti di kerumunan orang atau warung yang terlihat ramai, bisa jadi mereka adalah komplotan yang menunggu di tempat-tempat seperti itu. Lebih baik berhenti di pos polisi atau pos pengisian bahan bakar.

Berbicara tentang tindak kriminalitas saat mudik emang nggak ada habisnya. Kesulitan dalam hal ekonomi dijadikan alasan pembenaran para pelaku kriminal dan semakin hari aksi-aksi mereka pun semakin nyata terpampang serta semakin lincah aja, seakan emang mereka pertontonkan lalu meluas menjadi pemberitahuan bahwa mereka masih ada dan tetep eksis sesuai jaman. Tindak kejahatan saat mudik yang biasanya menyasar para pengendara jalanan, sekarang telah bergeser menuju tempat-tempat pemukiman, tidak mengherankan bahwa penjarahan maupun pencurian dirumah-rumah seolah menjadi alternatif kedua, mereka meyakini bahwa mereka lebih aman, meyakinkan dan sama-sama menghasilkan menurut pandangan mereka. Hanya karena kelalaian meninggalkan rumah tanpa ada pengamanan yang ekstra saat pulang ke tanah kelahiran. Lalu timbullah pertanyaan, apakah bisa dicegah? dan jawabnya bisa aja, seperti penjelasan ini.

 

Tips Mengamankan Rumah Ketika Ditinggal Mudik

meninggalkan rumah ketika mudik

1. Amankan Aset Berharga
Setiap rumah pasti memiliki barang-barang berharga yang kebanyakan jumlahnya nggak dikit misalnya seperti perangkat elektronik maupun perabot rumah maupun surat-surat berharga. Untuk itu, sebelum anda pergi mudik amankanlah bebrapa barang berharga anda pada satu tempat rahasia yang memilik keamanan ganda agar nggak terdeteksi oleh pelaku kriminal. Kalau anda masih ragu dengan keamanan aset berharga anda, anda bisa menitipkannya di tempat pegadaian dengan waktu yang nggak terlalu lama.

Baca juga :  5 Tips Mencegah Dan Menghadapi Kebakaran Di Rumahmu

2. Putuskan Semua Aliran Listrik dan selang Gas Kompor
Untuk menhindari terjadinya kebakaran rumah, sebaiknya anda memutuskan jaringan listrik rumah anda. ini dilakukan semata-mata untuk menghindari terjadinya arus pendek listrik. Penggunaan listrik secara terus menerus tanpa mematikan sesekali biasanya mampu melelehkan kabel bahkan meledakkan bohlam lampu anda. Selain itu juga, lepaskanlah selang gas LPG anda untuk menghindari adanya kebocoran gas yang bisa aja terjadi.

3. Pasang CCTV Dan Alarm
Produk Keamanan rumah saat ini berkembang, banyak variasi yang biasanya ditawarkan di pasaran. Selain produk kunci lima pengaman, CCTV bisa menjadi pilihan alternatif anda agar saat mudik masih bisa dipantau melalui ponsel anda, di samping itu biasanya pelaku kejahatan bakal mengurungkan niat jahatnya jika mengetahui ada CCTV. Memasang alarm pada rumah pun akan sangat membantu, jika rumah anda disusupi maling, para tetangga bakal terbangun akibat suara alarm yang keras dan ngebuat maling lari terbirit-birit.

4. Titipkan Kepada Satpam
Jika anda tinggal di sebuah komplek, anda bisa menitipkan kunci rumah anda kepada penjaga komplek tersebut. Dan berpesanlah untuk sesekali menyalakan lampu rumah anda ketika menjelang malam, agar terkesan rumah anda berpenghuni. Meskipun cara ini terbilang konvensional, namun keamanan yang diperoleh pun cukup memuaskan.

 

Demikian beberapa tips untuk menghindari tindak kejahatan menimpa anda, semoga bermanfaat.

 

Tips Menghindari Kejahatan Ketika Mudik

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.