Cara Menulis Artikel Blog Yang Baik Dan SEO Untuk Pemula

0 194

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Blog Tips – Cara Menulis Artikel Blog Yang Baik Dan SEO Untuk Pemula,  Halo Selamat Datang di Blog baru nih gaes, Disini kita akan belajar bareng – bareng soal berbagai macam ilmu tentang dunia per internetan mulai dari A sampai 10 :v. Dalam artikel kali ini kita bakalan belajar bareng nih tentang cara penulisan artikel di Blog Yang Baik Dan SEO Friendly.
Dalam penulisan artikel sendiri google dalam jangka waktu tertentu selalu mengubah algoritmanya dalam menentukan siapa yang layak bertengger di halaman pertama mesin pencari terbesar itu, nah untuk TIPS SEO tahun 2019 mungkin cara yang bakal saya bagikan ini mampu ngepush artikel kamu untuk sampai ke puncak.
Langsung aja deh ya.

Tips Membuat Artikel SEO 

1. Menentukan Keyword
Menentukan keyword adalah hal utama yang perlu kamu lakukan sebelum mengetik artikel, karena kesalahan memilih artikel bisa membuat blog kamu hanya bertengger di halaman belakang Mesin pencari.
Riset Keyword sendiri bisa dilakukan dengan cara basic yakni menggunakan research tool gratisan seperti adwords.google.com. Sedangkan untuk anda yang udah pro nih bisa membeli tool tool seperti long tail pro, semrush atau ahrefs.
Lalu Bagaimana Cara Menentukan Keyword Yang baik Dan Benar,

Cara Menulis Artikel

 

2. Optimalisasi On Page Artikel

Nah udah ketemu keyword yang di inginkan, tahap selanjutnya Membuat artikel SEO adalah mengoptimalisasi artikel blog kita. (Untuk catatan disini saya menggunakan Plugin YOAST SEO).
ada beberapa Sistemtikan menulis, silahkan disimak berikut ini :
– DI Meta description Yoast paling tidak mengandung satu keyword utama dan tidak lebih dari 160 karakter didalamnya.
– Judul Artikel minimal adalah 40 karakter, inget karakter bukan kata ya.
– Kata kunci target muncul di URL Artikel kita
– Heading 2 kita akan gunakan untuk memunculkan Keyword turunan
– Alt image utama mengandung keyword yang kita targetkan tadi
– Keyword density sekitar 1-2% (bisa dilihat di Yoast plugin waktu kita ngetik di wordpress)
– Untuk artikel awal lebih disarankan mengetik dengan menggunakan lebih dari 500 kata, jika artikel blog dan keyword dirasa sudah kuat, maka bisa menulis 300-500 kata saja.
– Jangan Lupa Untuk memasukkan Internal link ke artikel lain yang relevan dengan artikel kita.
– Menggunakan Bold/Italic untuk 1 keyword utama dan 1 keyword turunan, Jangan terlalu banyak menggunakan Bold atau italic.
– Keyword Usahakan terletak di awal, tengah dan akhir paragraf.
Nah itu tadi Sistematika Penulisan Artikel yang baik dan benar untuk blogging. Kita lanjutnya Tips Membuat Artikel SEO Selanjutnya, yakni

3. Share
Sebenarnya ini bukan sebuah tips menulis artikel, buat yang blognya udah berumur cukup lama dan udah di instal plugin share udah gak bingung kali ya, namun buat noob kaya saya nih ngeshare ke jejaring sosial, ke youtube, atau kemana aja yang penting jangan nyepam adalah hal wajib. Hal ini digunakan untuk memberitahukan ke mesin pencari bahwa website kita memiliki artikel yang baru dan bagus kata kerennya sih sosial sinyal. Baca juga : Peraturan Youtube Terbaru Semakin Keras Dan Cara Menghindari Copyright Hak Cipta, Berani Coba ?

Dasar menulis Artikel SEO sudah saya sebutkan diatas, bagaimana cukup mudah dicerna bukan, sekarang akan saya lanjutkan pada bagian yang sedikit lebih sulit ya cukup advance lah untuk kalian.

 

Tehnik Menulis Agar Enak Dibaca Dan SEO friendly

 

1. Jadikan Dirimu sebagai pembaca

Menulis artikel blog itu gampang – gampang susah, karena apa ?. Karena kamu harus menjadi dua orang sekaligus ketika menulsikan artikel, maksudnya gimana ?.

Maksudnya selain kamu menulis sesuai dengan apa yang kamu inginin nih, kamu juga harus berfikri sebagai pembaca. Apakah menurutmu pembaca bakal suka dengan tulisanmu, apakah tulisanmu terlalu berat untuk dibaca, apakah tulisanmu sudah runut alias tidak bikin pembaca bingung.

Semua itu harus kamu pikirkan juga. Karena sekarang ini algoritma google selain mendeteksi keyword juga sudah bisa mendeteksi mana artikel yang bagus mana yang tidak. Jadi jangan kaget kalau setingan di yoast mu udah ijo semua tapi ternyata masih susah bersaing di mesin pencari google, mungkin tulisanmu yang kurang enak dibaca.

Lalu bagaimana ?. Begini misal niche pada blogmu adalah niche romansa dimana yang kamu targetkan adalah anak – anak sekolah dan kuliahan. Cara penulisan artikel blog tipe seperti ini jangan terlalu kaku, luwes saja seperti bagaimana anak muda saling berinteraksi. Contoh saja nih situs Hipwee yang memang menyasar target kawula muda, tulisannya kan sangat selow dan santai kan. Baca juga : Cara Mengetahui Hal Trending dan Viral Di Google Dan Media Sosial

 

2. Silo artikel

Poin pertama tadi kita memberikan user experience yang enak dibca sehingga betah berada di blog. Sekarang kita beri asupan kepada mesin pencari dengan tehnik SILO, tehnik silo ini biasa juga disebut dengan tehnik piramida.

Kamu menuliskan artikel secara runut, namun tetap SEO friendly. Disini kita akan menggunakan keyword utama, keyword turunan dan juga Heading 2,3 dan seterusnya.

Untuk Keyword utama saya memilih memasukannya pada awal paragraf pertama, lalu awal pertengahan paragraf, dan di akhir kata pada paragraf akhir. Tehnik ini mungkin sudah kalian ketahui.

SEdangkan untuk keyword turunan ini bisa kita taruh di bagian heading. Dan di setiap akhir atau awal paragraf di setiap paragraf yang ada di artikel kamu. COntoh nih kalau kalian masih bingung.

Contoh :
Keyword Utama : Teknik Fotografi
Keyword turunan / LSI : – Teknik fotografi DSLR
– Teknik fotografi produk

 

Teknik Fotografi (keyword Utama) memang perlu dipelajari karena setiap merk kamera memiliki ciri khas tersendiri Mulai dari Kamera DSLR Canon, Kamera DSLR Nikon atau Bahkan Kamera DSLR Hasselblad. Disini akan kita pelajari bla bla bla

Teknik Fotografi Produk Dengan Kamera DSLR Hasselblad (Heading 2/3)

-> (keyword turunan ada di awal paragraf) Teknik Fotografi Produk dengan kamera DSLR Hasselblad memang sangat dianjurkan karena seperti kalian tahu sendiri bahwa kamera ini adalah kamera paling mahal didunia dengan kualitas paling mutakhir.

Namun sayangnya sebagus apapun kamera tersebut jika si joki kurang memahani teknik fotografi yang tepat hasilnya ya gitu – gituaja, olehkarena itu pemahaman terhadap gear penting artinya, teknik fotografi Produk (keyword ada di akhir paragraf) dengan kamera DSLR ini memang dibutuhkan.

Nah diatas adalah contoh tehnik penulisan dengan tehnik silo dimanan penempatan Keyword utama dan turunan urut kebawah. Jika perlu kalian bisa menambahkan LSI di setiap paragraf dari keyword utama. LSI Ini adalah persamaan kalimat dari keyword, tujuannya adalah untuk menjaring lebih banyak keyword, pada artikel yang kamu tulis.

3. Internal Link pada kata

Kamu tentu pernah melihat pada sebuah blog yang memberikan bold pada beberapa kata tertentu kemudian kata tersebut bisa kita klik menuju halaman tertentu. tehnik ini berfungsi untuk memperkuat posisi kata/keyword.

Selain itu jangan lupa memberikan internal link yang senada atau se kategori, supaya pembaca betah ada di dalam blogmu, ketika pengunjung blog betah berlama – lama dalam blog akan menurunkan nilain bounce rate. bounce rate yang rendah akan membantu mengatrol posisi di mesin pencari google.

Jika kamu kurang paham atau bahkan bingung dengan artikel ini, kamu lihat dan pahami sajalah, di artikel ini bagaimana saya menulis sebuah postingan. Cara ini efektif untuk web blogspot maupun yang berbasis wordpress.

4. Jangan berputar – putar 

Banyak sekali blog diluar sana yang hanya memutar – mutar kalimatnya supaya mendapatkan word count yang cukup. Tapi sayangnya cara tersebut sudah tidak bisa kamu terapkan gaes di tehnik SEO 2019 ini.

Kenapa ?, ya karena mesin google udah pada pinter, dan tentunya si pembaca internet juga udah pitner – pinter pula gak mau makan artikel sampah kaya di blog ane ini wkwkwkwkkw.

Untuk berata kata yang pas pada sebuah blog itu bermacam – macam gak melulu harus 300, 500 atau 1000 kata. Lihat saja IDN Times beberapa postingan disana cuman ada 200- 300 kata saja. tapi mereka mampu di page one. Jadi jika kamu punya blog wallpaper gak perlu butuh banyak kata, pengunjung datang ke blog wallpaper buat cari gambar gak cari kata.  Baca juga : Tips Trik Mendapatkan Skor Hijau di google PageSpeed Insights Buat Para Blogger Pemula

Beda lagi dengan lbog tutorial seperti ngetricks ini, yang memang harus membahas sebuah tutorial jelas dan padat serta mudah diapahami (tapi kadang tulisan saya juga susah dipahami :v).

Kesimpulan :

Tehnik menulis artikel untuk blog sebenarnya bermacam – macam dan untuk Cara menulis Artikel yang baik itu menurut saya seperti ini, mungkin bagi agan ini kurang pas. Namun saya sudah membuktikannya sendiri beberapa postingan disini mampu bersaing dengan blog – blog besar. Tahu sendiri persaingan niche tekno seperti apa. Inovasi sangat penting dilakukan karena google juga terus berkembang.

Home » Blog Tricks » Cara Menulis Artikel Blog Yang Baik Dan SEO Untuk Pemula

Cara Menulis Artikel Blog Yang Baik Dan SEO Untuk Pemula (Ayo Dicoba)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More